Tahun 2019, BPBD Bojonegoro Siapkan Dana Rp 8 Miliar

55

Untuk mengantisipasi kejadian bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro telah menganggarkan dana sebesar Rp 8 miliar lebih yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019. Dana sebesar itu untuk memenuhi semua kebutuhan BPBD, mulai operasional hingga belanja logistik selama setahun.

Hal ini disampaikan Plt. Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Bojonegoro, Nadief Ulfia saat dikonfirmasi Bhirawa, kemarin (20/1).

Menurutnya, dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan pelatihan dan pengadaan logistik untuk membantu korban bencana yang terjadi di Bojonegoro nantinya.

”Selain itu, dari total Rp 8 miliar tersebut, Rp 1,9 miliar diperuntukan untuk program rutin BPBD Bojonegoro yang telah berjalan selama ini,” katanya.

Ulfia menambahkan, Bojonegoro saat memasuki musim hujan bencana kerap melanda, terutama di wilayah selatan Bojonegoro yang rentan banjir dan rawan longsor.

”Oleh karenanya, memasuki musim hujan yang kini mulai melanda Bojonegoro, BPBD Bojonegoro menghimbau kepada seluruh masyarakat selalu waspada, terlebih bagi warga yang ada di daerah rawan banjir dan daerah rawan longsor agar selalu siaga,” tuturnya.

[Selengkapnya …]