Peringati Hari Ibu, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Selenggarakan Upacara Bendera

71

Sidoarjo, 26 Desember 2018 – Peringatan Hari Ibu merupakan momentum untuk mengingatkan rakyat Indonesia mengenai gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Untuk memperingati Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh pegawai.

Dalam upacara yang dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Timur Harry Purwaka, para peserta upacara berbaris tertib di halaman kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Sesuai semangat Hari Ibu, pegawai perempuan dilibatkan sebagai petugas upacara pada upacara kali ini, dengan Kepala Subbagian Keuangan Mari Maharani yang bertindak sebagai komandan upacara.

Dalam amanatnya, Kepala Perwakilan membacakan sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise. Menteri Yohana menyatakan bahwa keterlibatan perempuan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia antara lain dibuktikan melalui Kongres Perempuan Pertama pada 22 Desember 1928 yang telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia. Menurut Menteri Yohana, perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami prinsip kesetaraan yang mendasari pentingnya pembagian tugas, peran, dan tanggung jawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mengakhiri sambutannya, Menteri Yohana mengharapkan pelibatan semua unsur masyarakat dalam kampanye-kampanye yang mendukung pencegahan kekerasan dan pencapaian kesetaraan gender. Melalui Peringatan Hari Ibu ke-90 Tahun 2018, diharapkan dapat mendorong peningkatan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa.