Catatan Berita : PBB Masih 77 Persen, Desember Para Camat Akan Tutup

66

Pajak Bumi dan Bangunan di Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) di Kabupaten Malang masih tertahan di kisaran angka 77 persen sampai bulan Oktober ini.

Hal ini dinyatakan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang saat ditemui MalangTIMES, Selasa (23/10/2018) di lantai dua Setda Kabupaten Malang.

“Betul sampai saat ini masih sekitar angka itu. Saya pikir di tingkat kecamatan dan desa juga sudah berusaha untuk memenuhi baku PBB. Walau tidak sesuai dengan target pelunasan. Yakni di akhir bulan Agustus lalu,” kata Purnadi Kepala Bapenda Kabupaten Malang.

Artinya, dengan angka tersebut, masih ada 23 persen dari baku PBB yang belum terbayar di berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Malang.

Dari catatan Bapenda Kabupaten Malang, target PBB P2 dari seluruh buku senilai Rp 63,8 miliar. Dengan target tersebut, Bapenda Kabupaten Malang masih membukukan sekitar Rp 49 miliar. Padahal, Bapenda juga menargetkan di tahun ini terdapat kenaikan sekitar 10 persen dari PBB P2.

Target adanya kenaikan PBB P2 berkaca dari tahun lalu. Dari data APBD Kabupaten Malang tahun 2017, tercatat pendapatan PBB P2 sebesar Rp 52,5 miliar. Naik sebesar Rp 11,3 miliar seperti tercatat dalam APBD Kabupaten Malang tahun 2018. Yakni, menjadi Rp 63,8 miliar dari pendapatan PBB P2.

Trend positif tersebut memberikan kepercayaan di tahun ini. Bahwa PBB P2 bisa melampaui target dengan kisaran angka 10 persen.

Selengkapnya…