HUT KORPRI Ke-47, Presiden RI Apresiasi Peran KORPRI dalam Memperkokoh Persatuan Nasional

62

Sidoarjo, 29 November 2018 – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai Pembina Utama Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) mengapresiasi KORPRI beserta seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) yang telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat. KORPRI telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. KORPRI juga telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjadi teladan masyarakat dalam mengedepankan budi pekerti, etika, dan profesionalisme.

Apresiasi Presiden RI kepada KORPRI dibacakan oleh Kepala Sekretariat Perwakilan Provinsi Jawa Timur Pujo Sumekto, yang bertindak sebagai inspektur upacara pada Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-47 KORPRI Tahun 2018 di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Selain memberikan apresiasi, dalam sambutannya atas HUT KORPRI Ke-47, Presiden juga mengingatkan kepada seluruh jajaran ASN agar tidak terjebak dengan ego-sektoral, ego-organisasi, maupun ego-programnya masing-masing. Menurut Presiden, semua permasalahan yang ada di masyarakat bersifat lintas sektoral bahkan juga lintas daerah. “Dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya yakin ASN bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Presiden, sebagaimana dibacakan oleh inspektur upacara. Menutup sambutannya, Presiden meminta kepada seluruh ASN agar segera memperkuat diri untuk menjadi agen transformasi penguatan SDM bangsa dalam menyambut Revolusi Industri 4.0.

Dalam upacara kali ini, seluruh peserta upacara mengikrarkan kembali Panca Prasetya KORPRI. Panca Prasetya merupakan janji anggota KORPRI untuk terus menjunjung tinggi kehormatan bangsa, memelihara persatuan bangsa, dan menegakkan kode etik KORPRI.

Dalam suasana pagi yang cukup berawan, upacara bendera dalam rangka peringatan HUT KORPRI ke-47 berlangsung dengan tertib dan khidmat. Seluruh petugas upacara adalah pegawai dari unit kerja Sekretariat Perwakilan, dengan komandan upacara dipegang oleh Widi Harliyanto Nugroho dari Subbagian Umum dan TI.