Kepala Perwakilan Hadiri Kunjungan Kerja Komisi XI DPR RI ke Jawa Timur

26

Surabaya, 1 November 2018 – Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Harry Purwaka menghadiri kunjungan kerja Komisi XI DPR RI ke Jawa Timur. Dalam pertemuan yang bertempat di Hotel Horison Arcadia Surabaya, hadir para anggota dewan dari Komisi XI DPR RI yang dipimpin oleh M. Prakosa. Selain BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, dalam pertemuan juga hadir pimpinan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Timur, yaitu Kanwil Ditjen Kekayaan Negara, Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Jatim I, Kanwil DJP Jatim II, Kanwil DJP Jatim III, Kanwil Ditjen Bea Cukai (DJBC) Jatim I, dan Kanwil DJCB Jatim II. Turut hadir juga pejabat dari Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur.

Dalam kunjungan kerja ini, Komisi XI DPR RI ingin memperoleh informasi tentang kinerja BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Di hadapan para anggota dewan, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur memaparkan kinerja BPK dalam memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah di Jawa Timur selama tiga tahun terakhir. Selain hasil pemeriksaan, Kepala Perwakilan juga memaparkan langkah-langkah BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dalam rangka memperbaiki kinerja laporan keuangan pemerintah daerah. Pada akhir paparannya, Kepala Perwakilan menyampaikan saran agar pemerintah daerah, khususnya Inspektorat, memberikan perhatian lebih serius terhadap upaya menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK.

Selain itu, Komisi XI DPR RI juga menanyakan kinerja Kanwil Kementerian Keuangan yang berada di Provinsi Jawa Timur. Di hadapan para anggota dewan, pimpinan Kanwil DJP Jatim III dan Kanwil DJBC Jatim I memaparkan capaian target pendapatan negara dari pajak dan bea cukai. Kepala Kanwil Ditjen Kekayaan Negara dan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan turut memaparkan capaian kinerja terkait pemanfaatan aset dan pengelolaan keuangan negara di wilayah Provinsi Jawa Timur.