Serapan APBD 2018 Kabupaten Blitar Sangat Rendah

16

Menjelang akhir tahun 2018, serapan APBD Kabupaten Blitar Tahun Anggaran 2018 masih sangat rendah. DPRD Kabupaten Blitar akan mengawal dan mengevaluasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemerintah Kabupaten Blitar.

“Serapan Anggaran Belanja Daerah Kabupaten Blitar jelang akhir tahun 2018 ini masih sangat rendah,” kata Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto, Selasa(4/12).

Lanjut Suwito Saren Satoto, berdasarkan data yang didapat dari aplikasi e-monev Blitar Kabupaten, hingga saat ini serapan anggaran baru mencapai sekitar 46,8 persen dari anggaran lebih dari Rp 1 triliun, di mana saat ini sudah menginjak awal bulan Desember 2018.

“Jelas ada sesuatu yang harus dijelaskan oleh Pemkab Blitar dengan sangat rendahnya serapan APBD 2018, utamanya OPD pelaksana anggaran,” ujarnya.

Selain itu dikatakan Suwito, pihaknya sebagai lembaga legislatif hanya bisa mengawal dan mengawasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bisa mengoptimalkan serapan anggaran di waktu yang tersisa ini, karena yang mengetahui sejauh mana program yang dikerjakan hanya OPD terkait.

“Kami minta Pemkab Blitar bisa memaksimalkan waktu tersisa beberapa minggu ini, dan sisa program yang belum terlaksana bisa benar-benar dilaksanakan dengan maksimal,” jelasnya.

[Selengkapnya …]