Tahun 2019, Pemkab Bojonegoro Rehab dan Bangun Puluhan Jembatan

359

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang berencana merehabilitasi dan membangun jembatan. Pada tahun 2019, setidaknya ada 94 unit jembatan nantinya akan mendapat dana APBD.

Keberadaan jembatan tersebut nantinya untuk semakin memudahkan akses bagi warga hingga lebih menggerakan roda perekonomian masyarakat.

Kasi Jembatan DPU Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro, Chusaivi Ivan mengungkapkan, pada tahun 2019 nanti akan mengalokasikan anggaran Rp 80 miliar untuk membangun dan merehabilitasi jembatan.

“Pada 2019, setidaknya ada 94 unit jembatan,” kata Chusaivi Ivan, Kamis (8/11).

Berkenaan dengan hal tersebut, Chusaivi Ivan menuturkan, alokasi anggaran untuk jembatan tersebut meliputi, pembangunan baru, penggantian jembatan lama, dan rehabilitasi. Lokasi dari 94 jembatan yang masuk dalam kategori prioritas tersebut tersebar di 25 kecamatan di seluruh Bojonegoro.

“Seluruh jembatan sudah disiapkan anggarannya, besarannya variatif, mulai dari proyek Penunjukan Langsung (PL) hingga proyek lelang dengan anggaran miliaran,” beber Ivan.

Menurut Ivan menjelaskan, konstruksi jembatan-jembatan tersebut nantinya akan menggunakan konstruksi jenis Box Culvert dan jembatan jenis komposit.

Jembatan jenis Box Culvert sendiri adalah jembatan dengan jenis beton precast yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran besar. Sedang jembatan komposit merupakan jembatan dengan konstruksi bahan kombinasi antara baja dan beton.

[Selengkapnya …]