Tahun Ini, Pemkab Bojonegoro Alokasikan Rp 80 Miliar untuk Jembatan

36

Guna meningkatkan laju perekomian, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro, pada tahun tahun 2018 mengalokasikan anggaran Rp 80 miliar APBD untuk merehabilitasi infrastruktur utamanya jembatan. Saat ini ada 55 titik jembatan lama dan baru tengah dikerjakan di seantero wilayah Bojonegoro.

Menurut Kasi Jembatan DPU Bina Marga dan Penataan Ruang, Chusaivi Ivan, (14/10), alokasi anggaran untuk jembatan tersebut meliputi pembangunan baru, penggantian jembatan lama, dan rehabilitasi.

“Ada 55 jembatan itu terdiri dari 40 titik untuk pembangunan, 15 lainnya dilakukan proses pemeliharaan, besarannya variatif, mulai dari proyek Penunjukan Langsung (PL) hingga proyek lelang dengan anggaran miliaran,” kata Ivan panggilan akrabnya.

Lokasi dari 55 jembatan yang masuk dalam kategori prioritas tersebut tersebar di seluruh Bojonegoro. Namun demikian, lanjut Chusaivi, masih ada tiga proyek jembatan yang sedang dalam tahap pelelangan.

“Dari 55 jembatan yang tersebar di wilayah Bojonegoro ini, sebagain besar sudah dalam pengerjaan. Namun, tiga titik masih dalam proses pelelangan,” jelasnya.

Ia menambahkan, jembatan yang menuju Kayangan dengan anggarannya Rp 300 juta. Selanjutnya, jembatan di Ngadiluwih, Kecamatan Ngasem dengan anggaran Rp 240 juta dan jembatan di Bakalan, Kecamatan Tambakrejo yang anggarannya diputuskan Rp 360 juta.

[Selengkapnya …]