Audiensi Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Timur

53

Sidoarjo, 2 Oktober 2018 – Menyambung hubungan yang sudah terjalin baik sebelumnya, jajaran pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Timur kembali melakukan audiensi ke BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Audiensi kali ini sekaligus perkenalan antara pengurus IAI Wilayah Jawa Timur dengan Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur yang baru.

Dalam audiensi yang bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, jajaran pengurus IAI Wilayah Jawa Timur disambut oleh Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Timur Harry Purwaka. Pada audiensi ini, Kepala Perwakilan didampingi oleh Kepala Subauditorat Jawa Timur I Abdul Choliq, Kepala Subauditorat Jawa Timur II Imam Muslich, Kepala Subauditorat Jawa Timur III Bernadetta Arum Dati, Pengendali Teknis Mochamad Mirza Akbar, dan Ketua Tim Senior Purwoko Nugroho. Sedangkan dari IAI antara lain hadir Ketua Dewan Penasehat IAI Wilayah Jawa Timur Tjiptohadi Sawarjuwono, Ketua IAI Wilayah Jawa Timur Basuki, Anggota Dewan Penasehat IAI Wilayah Jawa Timur sekaligus Ketua Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Korwil Jawa Timur Sugeng Praptoyo, dan Direktur Eksekutif IAI Wilayah Jawa Timur Sigit Kurnianto.

Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyambut baik audiensi pengurus IAI Wilayah Jawa Timur. Menurut Kepala Perwakilan, profesi akuntan sangat penting dalam pemerintahan, khususnya dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah untuk diperiksa BPK. Begitu pula sebaliknya, saat ini BPK mulai bekerja sama dengan Kantor Akuntan Publik (KAP) dalam memeriksa laporan keuangan pemerintah daerah untuk dan atas nama BPK. Kepala Perwakilan berharap, IAI dapat menjembatani penyediaan kebutuhan tenaga akuntansi, baik di pemerintah daerah selaku auditee (entitas yang diperiksa) maupun di BPK selaku auditor (pemeriksa).

Pada kesempatan ini, IAI Wilayah Jawa Timur mengungkapkan harapannya agar jajaran BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dapat bergabung menjadi pengurus dan anggota IAI Kompartemen Akuntan Sektor Publik (KASP) yang belum terbentuk di Jawa Timur. Audiensi ditutup dengan penyerahan cendera mata dan foto bersama.