Potensi Sumber Payung Bisa Atasi Kekeringan di Sampang

42

Potensi Sumber Payung, di Desa Ketapang Timur, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, merupakan sumber air besar yang diharapkan bisa mengatasi kebutuhan air bersih di tiga Kecamatan di Kabupaten Sampang.

Potensi Sumber Payung dan debit airnya besar 162 liter per detik, namun sejak tahun 2014, belum bisa berfungsi sesuai target untuk mencukupi kebutuhan air masyarakat yang berada di tiga Kecamatan Ketapang, Robatal, dan Kecamatan Karang Pegang, Kabupaten Sampang.

Kondisi itu terungkap saat kunjungan Pj Bupati Sampang H Jonathan Judianto, ke lokasi Sumber Payung. Pj Bupati Jonathan kepada wartawan mengungkapkan dari 162 liter per detik potensi air, yang dimanfaarkan berkisar 50 liter per detik dengan asumsi 25 liter per detik yang dimanfaatkan untuk air bersih di sebagian Kecamatan Ketapang.

”Karena jalur Kecamatan Robatal dan Kecamatan Karang Penang belum terpasang pipa distribusi, jadi yang terpakai baru satu mesin pompa dan jika dipaksakan akan jebol,” jelasnya

Ia berjanji pada tahun 2018 akan dibangun pipa distribusi ke Kecamatan Robatal dengan nilai anggaran Rp 1,2 miliar sedangkan tahun depan menyusul pembangunan pipa distribusi menuju Kecamatan Karang Penang senilai Rp 2 M.

Diakui upaya itu harus segera dilakukan guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Kecamatan Ketapang, Robatal, dan Karang Penang termasuk kemungkinan mengatasi kekeringan. Ditambahkan kendala selama ini memang terletak di pengelolaan yang masih belum optimal.

[Selengkapnya …]