Pelebaran Jalan Mendesak, Pemkot Batu Anggarkan Rp 3,7 Miliar

50

Senin (27/8), sebuah alat berat terlihat beroperasi di Jl. Suropati, Kota Batu. Para operator alat berat tengah melakukan proses pelebaran jalan di kawasan tersebut. Pengerjaan pelebaran jalan ini masuk kategori mendesak mengingat jalan tersebut merupakan jalan utama menuju luar kota yang banyak dilalui bus, truk, dan angkutan umum.

Dengan status mendesak ini maka Pemkot Batu menginginkan agar pengerjaan pelebaran ini bisa dipercepat. Dan Pemkot telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3,7 miliar yang diambilkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK). “Kami lakukan penanganan dengan pengerasan hot mix total di ruas jalan tersebut. Targetnya akhir Nopember pelebaran jalan ini sudah selesai,” ujar Kabid Bina Marga Kota Batu, Alfi Nurhidayat saat dikonfirmasi, Senin (27/8).

Ia menjelaskan bahwa jalan tersebut dilebarkan 2 meter untuk kiri dan kanan badan jalan. Dengan demikian lebar jalan yang semula 6 meter nantinya akan dilebarkan menjadi 8 meter. Adapun ruas jalan yang dilebarkan tersebut ada sepanjang 1500 meter.

Dengan pelebaran jalan ini diharapkan bisa mendukung peningkatan jumlah wisatawan yang masuk dan keluar Kota Batu di akhir tahun nanti. Karena sudah menjadi langganan bahwa di masa akhir tahun selalu terjadi peningkatan volume kendaraan di kota ini.

“Dukungan infrastruktur jalan ini penting, mengingat pariwisata tidak lepas dari kenyamanan dan keamanan pengguna jalan. Semakin bagus infrasruktur jalannya semakin meningkat pertumbuhan pariwisatanya,” tambahnya.

[Selengkapnya …]