Dugaan Korupsi Dana Bantuan Rp 1 M – Mantan Kadinkop Jember Diperiksa Polres

32

Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jember Ir Mirfano diperiksa Satreskrim Polres Jember, terkait dugaan korupsi bantuan anggaran dari APBN tahun anggaran 2014 sebesar Rp. 1 miliar.

Bantuan tersebut diperuntukan untuk Koperasi LEPO-M3 Nusa Barong dan Koperasi Kedung Sumbul Jaya Jember. Mirfano dimintai keterangan oleh penyidik sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UMKM sekaligus sebagai tim verifikator dalam persoalan ini.

Mirfano yang saat ini menjabat Sekda Kabupaten Jember kepada sejumlah media usai pemeriksaan mengaku bahwa dirinya diminta kererangan terkait bantuan dari pusat.” Jadi ada laporan masyarakat terkait itu (bantuan koperasi). Dan kami dimintai keterangan seputar administrasi dan verifikasi, dan sudah saya jelaskan secara gamblang kepada penyidik,” ujarnya Selasa (9/7).

Mirfano mengaku akan kooperatif kepada petugas jika sewaktu-waktu dibutuhkan keterangannya. ”Saya siap diperiksa kapan saja, jika masih dibutuhkan keterangannya,” ujar Mirfano yang enggan menjelaskan secara rinci terkait persoalan ini.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Kusno kepada media membenarkan ada pemeriksaan terhadap mantan Kepala Koperasi dan UMKM Mirfano. Menurut Kapolres, pemeriksaan tersebut atas dugaan korupsi terkait dana bantuan pusat terhadap koperasi.

[Selengkapnya …]