Target Utama Kelola Anggaran Lebih Efisien – Kota Kediri 4 Tahun Raih WTP

60

Pemerintah Kota Kediri kembali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. Ini merupakan WTP ke-4 yang diraih selama empat tahun berturut-turut.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Pjs Wali Kota Kediri Jumadi dan Ketua DPRD Kota Kediri Kholifi Yunon di Kantor Perwakilan BPK RI Jawa Timur, Sidoarjo, Jumat (25/5).

Opini WTP diberikan berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Kediri Tahun Anggaran 2017.

Kabag Humas Pemkot Kediri Drs Apip Permana menjelaskan, perolehan predikat WTP sebenarnya bukan target utama.

“Target kita adalah ingin mengelola anggaran, baik yang bersumber dari APBD atau APBN secara efisien, efektif, transparan dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Apip Permana kepada Surya, Minggu (27/5).

Sedangkan perolehan Pemkot Kediri predikat WTP berturut turut sampai 4 kali adalah sebuah dampak positif dari hasil kinerja yang diakui serta mendapat reward dari pemerintah pusat.

Karena sebenarnya yang dilakukan upaya menjalankan dan mengelola anggaran sesuai dengan aturan serta ketentuan yang berlaku. Selain itu, pimpinan selalu monitor kinerja serta secara berkala mengevaluasi kinerjanya.

Sementara Pjs Wali Kota Kediri Jumadi mengungkapkan, diraihnya opini WTP ini tidak lepas dari kerja keras aparat Pemerintah Kota Kediri. Khususnya dalam bidang pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah.

Pada 2017, Pemkot Kediri menghapus beberapa aset karena adanya penyerahan aset tetap dan personil kepada Pemprov Jatim terkait pengalihan kewenangan pengelolaan pendidikan menengah negeri, sesuai UU nomor 23 Tahun 2014.

Di samping itu, Pemkot Kediri telah melakukan langkah-langkah strategis untuk memantapkan komitmen aparatur dan kapasitas aparat pengelola keuangan dan aset.

Dalam pelaksanaan dan penyusunan laporan keuangan dan aset juga selalu berpedoman pada peraturan. Apalagi pada tahun ini, Pemkot Kediri telah menerapkan transaksi non tunai sehingga lebih transparan dan akuntabel. Setiap transaksi akan tercatat sehingga pengelolaan keuangan akan semakin baik dari waktu ke waktu.

Selain Pemerintah Kota Kediri, BPK RI Perwakilan Jawa Timur juga menyerahkan LHP atas LKPD Tahun Anggaran 2017 kepada 19 kota/kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

[Selengkapnya …]

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul “Kota Kediri 4 Tahun Raih WTP, Targetkan Kelola Keuangan Efisien“, http://jatim.tribunnews.com/2018/05/28/kota-kediri-4-tahun-raih-wtp-targetkan-kelola-keuangan-efisien.