Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke-73

84

Sidoarjo, 1 Juni 2018 – Sebagaimana tahun sebelumnya, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ke-73. Hari lahir Pancasila berdasarkan momen sejarah saat Presiden RI yang pertama, Soekarno, membawakan pidato dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945.

Plt Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Timur Ayub Amali bertindak sebagai inspektur pada upacara yang bertempat di halaman depan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutan yang dibacakan inspektur upacara, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan bahwa upacara peringatan Hari Lahir Pancasila bertujuan meneguhkan komitmen masyarakat agar lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pemerintah juga telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila, yang ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang terintegrasi dengan program pembangunan.

Presiden Joko Widodo juga berpesan agar seluruh komponen bangsa dapat menjaga perdamaian, persatuan, dan persaudaraan. “Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa,” himbau Presiden menutup sambutannya.

Petugas upacara bendera Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah pegawai dari unit kerja Subauditorat Jawa Timur I, dengan komandan upacara Ervin Rifian. Meski dilaksanakan pada Bulan Ramadhan, upacara bendera diikuti oleh seluruh pegawai dengan tertib dan khidmat.