Gresik Tiga Kali Raih WTP

115

Sejak meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK pada 2015, Kabupaten Gresik berhasil terus mempertahankannya. Tiga tahun berturut-turut pada 2015, 2016, dan 2017. Pengelolaan keuangan dinilai akuntabel.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jatim menyerahkan hasil audit dengan opini WTP itu kepada Bupati Sambari Halim Radianto kemarin (31/5). Sambari pun dengan senyum bangga menerimanya.

“Pengelolaan dan laporan keuangan Kabupaten Gresik memang akuntabel,” tegas Sambari yang didampingi Sekretaris Daerah Djoko Sulistio Hadi.

Sambari menambahkan, pengelolaan dan laporan keuangan Pemkab Gresik selalu dilakukan dengan cermat. Penuh kehati-hatian. “Penghargaan opini WTP ini patut disyukuri,” ucapnya.

Menurut Kabaghumas Pemkab Gresik Sutrisno, Plt Kepala BPK Perwakilan Jatim Ayub Amali mengatakan, proses audit BPK terhadap laporan keuangan setiap daerah tak bisa menjangkau keseluruhan.

“Jadi, proses yang kami lakukan menggunakan uji sampling. Namun, dari proses itu, setidaknya sudah bisa digambarkan tingkat kepatuhan,” ujarnya.

[Selengkapnya …]