Lindungi dari Kerugian, Pemkab Bondowoso Serahkan 65 Asuransi Tani

81

Pemerintah Kabupaten Bondowoso, melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, terus memberikan bantuan pada petani. Salah satunya, dengan memberikan Asuransi Usaha Tani Tanaman Padi (AUTP) pada 65 petani.

Kepala Dinas Pertanian, H. Munandar SP MM yang turun langsung mewakili bupati Bondowoso Drs H Amin Said Husni untuk menyerahkan klaim kepada sejumlah petani. Ada dua tempat yang diberikan asuransi, Walidono dan Prajegan Kidul.

Dalam penjelasannya, H Munandar mengungkapkan jika petani seharusnya membayar polis asuransi Rp 180.000 satu kali tanam, tapi karena disubsidi pemerintah, petani hanya membayar Rp 36.000, jadi Rp 144.000 dibayar pemerintah.

“Tapi untuk saat ini, petani tidak bayar polis, kita yang bayarkan, dan kita yang mengklaimkan. Bahkan petani tidak tahu kalau dimasukkan asuransi,” katanya.

Klaim per hektarnya, lanjut Munandar, dapat Rp. 6.000.000. Nanti jumlah itu untuk sarana produksi. Sengaja, kata dia, alokasi saat ini untuk dua tempat tersebut, karena memang di tempat itu sering terjadi banjir dan rawan penyakit.

Untuk di desa Walidono, katanya, luas tanah yang dapat asuransi 17,5 ha, dengan jumlah petani 52 orang, sehingga total klaim sekitar Rp 105.348.000. Sementara di Prajekan Kidul luasan tanah 2,5 ha, dengan jumlah petani 13 orang, dan total klaim sekitar Rp 12.358.000.
Kadis pertanian berharap, selanjutnya nanti petani bayar sendiri, polis yang Rp 36.000 itu. Karena saat ini, sudah dibantu penuh oleh pemerintah daerah.

Acara penyerahan AUTP tersebut, dilaksanakan di rumah kepala gabungan kelompok tani (Gapoktan), di dusun Paterongan desa Walidono Prajegan, Kabupaten Bondowoso. Penyerahan itu, juga disaksikan oleh kepala desa setempat, perwakilan Bank Jatim sebagai mitra, dan dihadiri oleh semua petani yang menerima asuransi.

Dalam kunjungan dan penyerahan klaim asuransi Tersebut Kadis Pertanian yang didampingi salah satu kabid nya yaitu Hendri Widotono juga didampingi pimpinan Bank Jatim Bondowoso Endang Saraswulan serta beberapa stafnya.

Dalam kesempatan itu juga di jelaskan jika klaim asuransi untuk petani tersebut penyalurannya dibantu oleh bank Jatim melalui rekening yang sudah disiapkan.

[Selengkapnya …]