Perbaikan Enam Ruas Jalan di Gresik Dianggarkan Lagi

94

Sejumlah ruas jalan kembali dianggarkan untuk pekerjaan tahun ini. Nilai dananya mencapai Rp 32,5 miliar. Enam jalan kabupaten tersebut direncanakan dikerjakan tahun ini.

’’Ini adalah proyek lanjutan dari tahun lalu,’’ kata Wakil Ketua DPRD Gresik M. Syafi’ AM kemarin. Hal itu diputuskan dalam rapat bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemkab Gresik. Selain Jalan Harun Thohir, ada ruas Jalan Sekapuk– Ujungpangkah dengan total anggaran Rp 12 miliar dan dua lainnya di wilayah utara. Adapun ruas Yosowilangun– Suci dialihkan ke Jalan KH Syafi’i, Manyar.

Syafi’ menyatakan, akses tersebut harus dituntaskan tahun ini agar pemerintah tidak terbebani dengan pekerjan tahun berikutnya. Sebelumnya, pemkab dengan diwakili Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik memberikan tanda bintang pada sejumlah infrastruktur jalan 2018. Artinya, kecil kemungkinan dilaksanakan. Padahal, anggarannya sudah disiapkan. Rencananya, anggarannya dialihkan ke lokasi proyek yang lain.

Kepala Bappeda Tugas Husni Syarwanto menyampaikan, anggaran itu semestinya dikembalikan. Sebab, anggaran sudah disiapkan di APBD 2018. Dia optimistis sejumlah ruas jalan tersebut bisa dikerjakan tahun ini. Alasannya, pendapatan tahun ini cukup seimbang. ’’Mudah-mudahan pendapatan bisa sesuai target,’’ katanya.

[Selengkapnya …]