Dukung FFKHN 2018, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Selenggarakan Media Visit dan BPK Goes to School

23

Surabaya, 2 Mei 2018 – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bekerja sama dengan United States Agency for International Development (USAID)-CEGAH untuk kedua kalinya menyelenggarakan Festival Film Kawal Harta Negara (FFKHN). FFKHN merupakan sebuah festival yang bertujuan mendorong peran serta dan pelibatan masyarakat untuk membantu fungsi serta tugas BPK dalam mengawal harta negara. FFKHN 2018 diramaikan dengan kompetisi film pendek fiksi dan dokumenter, kompetisi video citizen journalism, workshop film, pitching forum, dan produksi film.

Rangkaian FFKHN 2018 dimulai pada 24 April 2018 melalui acara peluncuran (launching) FFKHN 2018 yang bertempat di Gedung Perpustakaan Nasional RI, Jakarta. Peluncuran FFKHN 2018 dibuka langsung oleh Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara dan dihadiri oleh Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar, Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif, Perwakilan USAID-CEGAH, para pejabat di lingkungan BPK dan USAID, serta peserta festival dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum. FFKHN 2018 akan berlangsung hingga 13 September 2018 melalui acara malam puncak penganugerahan FFKHN di Bandung.

Roadshow FFKHN tahun ini diadakan di enam kota, yaitu Banda Aceh, Bandung, Surabaya, Balikpapan, Makassar, dan Ambon. Untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan FFKHN kali ini, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur turut serta dalam serangkaian kegiatan, salah satunya mengunjungi beberapa media (media visit) di Surabaya. Media yang dikunjungi adalah Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Suara Surabaya (SS), dan Televisi Republik Indonesia (TVRI) Stasiun Jawa Timur. Media visit diikuti oleh pejabat dari BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dan pejabat dari BPK Pusat. Selain mengenalkan peran dan tugas BPK, media visit juga bertujuan mempromosikan kegiatan-kegiatan FFKHN, termasuk roadshow FFKHN yang diselenggarakan di Surabaya pada 3 Mei 2018.

Dalam media visit, pejabat dari BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur bersama pejabat dari BPK Pusat beramah tamah dengan perwakilan media. Selain itu, Kepala Subauditorat Jawa Timur I Abdul Choliq sebagai Pelaksana harian (Plh) Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur berkesempatan melakukan siaran langsung (live) melalui dialog bersama penyiar media untuk mempromosikan BPK dan kegiatan FFKHN 2018. Harapannya, sosialisasi melalui media penyiaran dapat menjangkau semua kalangan masyarakat secara luas dan cepat.

BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur juga turut menyosialisasikan FFKHN 2018 melalui kegiatan BPK Goes to School. Sekolah yang menjadi sasaran kegiatan adalah SMA Al Hikmah Surabaya dan SMA Khadijah Surabaya. Di kedua sekolah, kalangan pelajar mendapat sosialisasi mengenai aneka kegiatan dan kompetisi dalam FFKHN. Selain itu, Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Siti Rahmawati Arifah juga berdialog dengan para siswa untuk mengenalkan tugas dan fungsi BPK sebagai latar belakang utama FFKHN. Acara BPK Goes to School berlangsung meriah dengan antusiasme khas anak muda serta diramaikan nonton bareng film pemenang FFKHN 2017 dan foto selfie bersama (wefie).

Melalui media visit dan BPK Goes to School, BPK berusaha merangkul semua kalangan untuk ikut menumbuhkan kesadaran publik (public awareness) mengenai pentingnya mengawal pengelolaan keuangan dan harta negara secara transparan dan akuntabel. Masyarakat juga diharapkan turut serta berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan FFKHN 2018.