BPK Periksa Ratusan Motor Pelat Merah Pemkab Pamekasan

94

Sedikitnya 400 kendaraan dinas (randin) berupa sepeda motor mendadak diparkir di halaman kantor Pemkab Pamekasan, Senin (16/4).

Penempatan ratusan randin itu sesuai arahan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), disaksikan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Taufiqurrahman, untuk menjalani pemeriksaan fisik.

Anggota BPK terlihat mencocokkan nomor kerangka dan nomor mesin sepeda motor, sesuai yang tertera dalam STNK yang dipegang pemakai sepeda motor.

Pemeriksaan yang berlangsung dua jam, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, namun membuat para pegawai was-was.

“Pemeriksaan terhadap seluruh randin milik pegawai di lingkungan Pemkab Pamekasan ini, untuk memastikan inventaris sepeda motor itu ada atau tidak,” kata Taufiq.

Selain itu, BPK memeriksa apakah fisik randin masih utuh atau sebagian diganti. “Di antara pemeriksaan yang kami lakukan, juga bagian dari laporan keuangan. Caranya mengecek dan memeriksa fisik randin yang digunakan SKPD,” paparnya.

Taufiq menyatakan, sepeda motor yang masih berpelat merah dan tercatat sebagai aset pemerintah akan diperiksa.

Sedangkan sepeda motor yang tidak tercatat dalam daftar inventaris, tidak diperiksa. Sehingga ada kecocokan antara buku daftar inventaris dan lapangan.

“Kalau ditemukan sejumlah randin yang diduga tidak membayar pajak, itu bukan wewenang kami. Melainkan wewenang pihak Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Pamekasan,” tandasnya.

[Selengkapnya …]