Pemkot Blitar Kembali Siapkan Rp3,34 M untuk Pengadaan Sepeda Gratis

195

Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar kembali sediakan anggaran Rp 3,34 miliiar untuk pengadaan sepeda gratis bagi siswa kelas 7 tahun 2018 ini.

Bahkan sebelumnya Pemkot Blitar juga memberikan sepeda gratis bagi siswa SMP kelas 8 dan 9 pada tahun 2018, sehingga kini giliran kelas 7 yang akan menerima sepeda gratis dari Pemerintah Kota Blitar.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Dindin Alinurdin mengatakan berdasarkan hasil koordinasi yang telah dilakukan pada tahun 2018 ini Pemerintah Kota Blitar telah menganggarkan dana melalui APBD Kota Blitar sebesar Rp 3,34 miliiar untuk pengadaan 1.262 unit sepeda.

“Sepeda nantinya akan langsung diberikan kepada siswa kelas 7, dimana juga memiliki model dan bentuk yang sama seperti sebelumnya,” kata Dindin Alinurdin.

Lanjut Dindin, pihaknya juga mengaku hingga saat ini proses pengadaan sepeda gratis masih dalam tahap lelang dan dipastikan tahun ajaran baru 2018/2019 bakal segera terealisasi.

“Kami berharap pada tahun ajaran baru 2018/2019 ini semua siswa sudah memiliki fasilitas sepeda gratis,” jelasnya. Selain itu dikatakan Didin, penggunaan sepeda gratis bagi para siswa SMP di Kota Blitar tidak dilakukan secara serentak, namun dijadwal setiap minggunya agar tidak menimbulkan kemacetan di ruas jalan.

“Serta mempertimbangkan faktor keselamatan siswa yang kami harapkan jangan sampai terjadi hal yang tidak kita inginkan,” ujarnya lagi.

Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto juga berharap kepada Pemkot Blitar selalu mempertimbangkan keselamatan siswa dalam menggunakan sepeda gratis bagi siswa yang jarak rumahnya cukup jauh dari sekolah, dimana pihaknya meminta Pemkot Blitar dalam hal ini Dinas Perhubungan membantu keselamatan siswa dengan menjaga beberapa pos atau jalan yang rawan pada saat siswa mengendarai sepeda.

[Selengkapnya …]