BPK RI Perwakilan Jawa Timur Ambil Sumpah 12 PNS Baru

145

sumpah-pnsSidoarjo- 11 Juli 2012, Kepala Perwakilan BPK RI Propinsi Jawa Timur, Dr. Muzakkir mengambil sumpah/janji jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) BPK RI Tahun 20011 di Auditorium BPK RI Perwakilan Propinsi Jawa Timur, Jl. Raya Juanda, Sidoarjo. Pengambilan sumpah jabatan tersebut diikuti oleh 12 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah ditempatkan di BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, yaitu Golongan III sebanyak delapan orang, dan Golongan II sebanyak empat orang. Setelah pengambilan sumpah, acara dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Sekretaris Jenderal (Sekjen) BPK RI, Hendar Ristriawan, SH., MH oleh Kepala Perwakilan.

Dalam sambutannya, Sekjen BPK RI menyampaikan bahwa Sumpah PNS merupakan pilar utama pemantapan seseorang untuk berkarir di lingkungan PNS RI. Lebih jauh sumpah PNS merupakan kontrak antara seorang PNS dengan diri sendiri, instansi, negara dan Tuhan Yang Maha Esa.  Perikatan sumpah PNS membuat seorang PNS harus mempertanggungjawabkan perbuatannya baik yang berkaitan langsung maupun tidak langsung dengan instansi. Satu hal yang berkaitan langsung adalah harus menjaga nama baik korps dimana pun berada. Pengambilan sumpah ini dilakukan setelah setahun melaksanakan tugas diinstansi sebagai CPNS diunit masing-masing. Selama satu tahun diberi tugas yang pada intinya adalah memberikan kesempatan untuk membuktikan apakah seorang CPNS layak dan mempunyai persyaratan untuk melaksanakan tugas yang dibebankan. Sekjen BPK RI mengharapkan  para PNS yang telah diambil sumpahnya dapat membuktikan hal-hal itu dan dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi BPK untuk tahun-tahun kedepan.

Selain itu Sekjen juga mengingatkan bahwa untuk mewujudkan visi dan misi BPK RI, PNS senantiasa dituntut untuk selalu mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dengan selalu belajar dan meningkatkan kemampuan hidup, memegang teguh integritas, independensi dan profesionalitas sebagai lembaga pemeriksa keuangan negara. Sekjen berpesan bagi PNS yang ditempatkan di unit kerja teknis, tantangan yang akan dihadapi akan jauh lebih berat. Belajarlah untuk mencintai pekerjaan, lakukan segala sesuatu sebaik-baiknya dan dengan penuh keikhlasan. Sementara bagi PNS yang ditempatkan di unit kerja penunjang  dan pendukung juga harus bekerja dengan baik mengingat tanggungjawab yang dibebankan padanya juga sama besarnya dengan PNS yang ditempatkan di unit teknis. Acara pengambilan sumpah jabatan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada peserta oleh Kepala Perwakilan beserta para pejabat struktural dan para tamu undangan lainnya.