Pemkot Surabaya Renovasi 68 Rumah Kumuh

126

Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya merenovasi 68 unit rumah di Kecamatan Simokerto tahun ini. Selain kumuh, rumah dinyatakan tak layak huni. Bantuan renovasi khusus diberikan untuk masyarakat miskin.

Camat Simokerto Nono Indriyono mengatakan, renovasi rumah bagian dari program rehabilitasi sosial daerah kumuh (RSDK). Perbaikan diusulkan kecamatan tahun 2017. Sebelumnya, penerima bantuan sudah disurvei. ”Pemilik rumah sebagian besar tak memiliki penghasilan tetap. Pendapatan di bawah UMK,” papar Nono. Dia mengungkapkan, bantuan yang diterima bermacam-macam. Semua bergantung besarnya kerusakan. Batas maksimalnya Rp 30 juta.

Nono menegaskan, kondisi hunian yang bakal direhab beragam. Sebagian plafonnya jebol. Ada pula yang cat temboknya mengelupas. Selain itu, ada rumah yang tak memiliki saluran air. ”Mereka tak memiliki tabungan untuk perbaikan rumah,” kata Nono. Dia menambahkan, bantuan perbaikan tidak langsung diberikan. Syarat yang harus dipenuhi adalah surat keterangan tidak mampu (SKTM). Hunian juga harus milik sendiri.

[Selengkapnya …]