Kasus Bansos TA 2015 – Ketua DPRD Jember Ditahan

108

Kabar mengejutkan muncul dari Kejaksaan Negeri Jember kemarin sore (14/2). Ketua DPRD Jember M. Thoif Zamroni ditetapkan sebagai tersangka.

Politikus Gerindra itu tersandung masalah dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos) untuk tahun anggaran 2015. Bahkan, setelah pemeriksaan sore kemarin, penyidik Kejari Jember langsung menahan Thoif.

Kepala Kejaksaan Negeri Jember Ponco Hartanto didampingi Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Jember Asih mengatakan, tim penyidik telah meningkatkan status untuk ketua dewan tersebut. Yakni, dari tersangka menjadi terdakwa. Itu berdasar barang bukti yang dikumpulkan penyidik dalam menyelidiki kasus dugaan korupsi dana bansos sejak setahun silam. ’’Karena itu, kami menetapkan ketua DPRD Jember sebagai tersangka,’’ ucap Ponco.

Kejari Jember juga langsung menahan Thoif agar tersangka tidak memengaruhi, mengintimidasi, serta menghilangkan barang bukti yang ada. ’’Kemudian, diputuskan untuk dilakukan tahanan badan,’’ lanjutnya.

Saat dimintai keterangan tentang modus operandinya, Ponco menjelaskan bahwa dalam penyelidikan di lapangan, ditemukan bantuan sosial tidak sesuai dengan peruntukannya.

[Selengkapnya …]