Sosialisasi Ke-BPK-an kepada Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta

43

Selasa, 23 Januari 2018 – Pada awal tahun 2018, kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur kembali mendapat kunjungan dari kalangan mahasiswa. Kunjungan kali ini berasal dari mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). Kunjungan mahasiswa ini bertujuan agar para mahasiswa dapat merasakan (get feeling) suasana riil yang ada di dunia kerja.

Sebanyak 29 mahasiswa kelas unggulan S1 Akuntansi beserta satu dosen pendamping diterima di Ruang Rapat Lantai 4, Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Dalam pengantarnya, dosen pendamping dari UTY Akhmad Afnan memperkenalkan secara ringkas profil kampus UTY. Dijelaskannya pula bahwa kunjungan mahasiswa kali ini dimaksudkan untuk menyelaraskan teori yang diperoleh mahasiswa di bangku kuliah dengan praktik pada perusahaan/instansi.

Menyambut rombongan mahasiswa tersebut, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menunjuk Ketua Tim Senior dari Subauditorat Jawa Timur I, Esti Apri Larasati, sebagai narasumber untuk memberikan materi tentang ke-BPK-an. Penjelasan yang disampaikan kepada rombongan mahasiswa UTY antara lain meliputi kelembagaan BPK RI, sistem kerja BPK RI, dan pemantauan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan. “Di samping itu, BPK juga menjadi satu-satunya lembaga yang berwenang melakukan perhitungan kerugian negara/daerah. Untuk mendukung tugas tersebut, BPK telah membentuk Auditorat Utama Investigasi pada tahun 2016,” ungkap Esti.

Penjelasan yang disampaikan oleh Esti tersebut disimak oleh para mahasiswa dengan penuh perhatian. Terlebih lagi, beberapa kali Esti melontarkan pertanyaan untuk mengaitkan teori yang diperoleh di bangku perkuliahan dengan praktik yang diterapkan BPK di lapangan pada waktu pemeriksaan. Dengan demikian para mahasiswa UTY yang saat ini berada di semester 6 tersebut dapat memiliki gambaran yang jelas tentang praktek pemeriksaan di dunia kerja, khususnya pada sektor publik.

Selain berdialog dengan mahasiswa selama menyampaikan materi ke-BPK-an, Esti juga memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk bertanya sebelum acara berakhir. Antusiasme mahasiswa terhadap materi ke-BPK-an terlihat lewat banyaknya mahasiswa yang mengangkat tangan untuk mengajukan pertanyaan. Karena keterbatasan waktu, tidak semua mahasiswa mendapat kesempatan untuk menyampaikan pertanyaannya.

Pada akhir kunjungan, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dan UTY saling bertukar cendera mata. Selain itu, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur juga memberikan apresiasi dalam bentuk doorprize kepada beberapa mahasiswa yang terlibat aktif berdialog dan bertanya kepada narasumber dalam penyampaian materi ke-BPK-an. “Jangan lupa untuk berpegang teguh kepada prinsip independen, integritas, dan profesional di manapun adik-adik nantinya bekerja. Karena meskipun bukan pegawai BPK, ketiga prinsip tersebut tetap relevan dalam segala bidang pekerjaan,” pesan Esti di akhir acara.

Melalui sosialisasi ke-BPK-an dalam rangka kunjungan mahasiswa UTY ini, diharapkan para mahasiswa dapat memahami tugas dan fungsi BPK dengan seutuhnya sehingga dapat ikut menyebarkan informasi yang benar mengenai BPK ke masyarakat. Selain itu, hasil kerja BPK dapat diketahui oleh masyarakat luas, khususnya melalui kalangan mahasiswa di kampus. Acara sosialisasi ke-BPK-an ditutup dengan foto bersama.