Semarak HUT BPK Ke-71 di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur

354

Sejak berdiri pada 1 Januari 1947, pada tahun ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI telah menginjak usia yang ke-71. Menyambut momen pertambahan usia BPK RI, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menggelar berbagai kegiatan yang diselenggarakan pada awal tahun 2018.

Rangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) BPK RI dibuka oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Novian Herodwijanto pada Senin, 8 Januari 2018. Dalam sambutannya di hadapan para pegawai, Kepala BPK Perwakilan menyatakan bahwa berbagai kegiatan dalam rangka HUT BPK RI ini bertujuan menumbuhkan semangat baru dalam memasuki tahun 2018. “Kegiatan ini saya harapkan dapat digunakan sebagai ajang untuk menjaga keakraban antar pegawai sekaligus sarana rekreasi setelah disibukkan oleh berbagai kegiatan pada tahun 2017,” kata Kepala BPK Perwakilan.

Pembukaan kegiatan peringatan HUT BPK RI ke-71 juga dimeriahkan dengan Durian Party. Pada acara makan durian bareng tersebut, para pejabat membaur bersama seluruh pegawai menikmati buah yang beraroma khas ini di area lobby Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu, mewakili Ketua Panitia Peringatan HUT BPK RI ke-71, Purwoko Nugroho menyebutkan bahwa semarak peringatan HUT BPK RI tahun 2018 di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur antara lain diwujudkan melalui penyelenggaraan turnamen olahraga, donor darah, dan outbound. Dalam turnamen olahraga yang diselenggarakan mulai 8 s.d. 10 Januari 2018, cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain futsal, tenis meja, dan bola voli. Peserta turnamen yang terdiri dari cabang putra dan putri dibagi ke dalam enam tim, yaitu Jatim I, Jatim II, Jatim III, Jatim IV, Sekretariat, dan Pegawai Tidak Tetap (PTT).

Selain turnamen olahraga, pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur juga diajak untuk meningkatkan kepedulian sosial melalui kegiatan donor darah. Kegiatan yang diselenggarakan pada 10 Januari 2018 ini melibatkan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Sidoarjo. Pengambilan darah dari para donor bertempat di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Sejumlah 45 orang berpartisipasi dalam donor darah tersebut.

Selanjutnya pada 11 Januari 2018, keluarga besar BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur mengikuti gathering yang dirangkai dengan outbound di alam terbuka. Gathering yang bertempat di Taman Dayu Pasuruan ini diramaikan dengan senam maumere massal. Selain itu, peserta gathering juga larut dalam berbagai aktivitas outbound yang bertujuan mempererat kekompakan antar peserta. Kegiatan gathering semakin meriah melalui pementasan teatrikal dari masing-masing unit kerja Subauditorat dan Sekretariat yang diselingi dengan pembagian doorprize.

Sebagai puncak peringatan HUT BPK RI ke-71, seluruh pegawai mengikuti upacara bendera yang dilaksanakan pada 15 Januari 2018. Upacara bendera yang bertempat di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur ini terselenggara dengan khidmat dan tertib. Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala BPK Perwakilan, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara menyebut berbagai capaian yang telah diraih BPK selama setahun terakhir. Ketua BPK juga mengingatkan jajaran pelaksana BPK mengenai berbagai macam ujian yang mendera BPK, khususnya pada tahun 2017 yang lalu. “Kita harus menyadari bahwa proses bisnis BPK memiliki risiko tinggi, sehingga tidak bosan-bosannya saya mengingatkan kembali untuk selalu menjunjung tinggi integritas, independensi, dan profesionalisme agar martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas BPK selalu terjaga,” pesan Ketua BPK.

Selain pembacaan sambutan dari Ketua BPK, juga dibacakan 34 nama pegawai penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 dan 20 tahun di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Pada upacara kali ini, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyerahkan penghargaan tersebut secara simbolis kepada 32 orang penerima penghargaan. Penerima penghargaan tersebut antara lain Kepala Subauditorat Jawa Timur II Imam Muslich (Satyalancana Karya Satya 20 tahun), Kepala Subbagian Hukum Iwan Fajar Nugroho (Satyalancana Karya Satya 10 tahun), dan Kepala Subbagian Humas Siti Rahmawati Arifah (Satyalancana Karya Satya 10 tahun).

Seusai upacara, seluruh pegawai berkumpul untuk menyaksikan prosesi pemotongan tumpeng oleh Kepala BPK Perwakilan sebagai wujud rasa syukur atas bertambahnya usia serta berbagai prestasi yang diraih oleh BPK. Pada kesempatan tersebut, Kepala BPK Perwakilan juga menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan dari Dharma Wanita Persatuan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur kepada 26 anak dari PTT dan petugas cleaning service. Beasiswa pendidikan yang diberikan secara rutin ini merupakan salah satu bentuk kepedulian keluarga besar BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur terhadap kelangsungan pendidikan anak-anak PTT dan petugas cleaning service di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Rangkaian acara peringatan HUT BPK RI ke-71 ditutup melalui penyaluran bantuan dari Dharma Wanita Persatuan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur kepada anak-anak yatim/piatu pada 18 Januari 2018. Bantuan berupa sarana prasarana dan bahan makanan tersebut disalurkan melalui tiga panti asuhan, yaitu Panti Asuhan Muzdalifah (Kecamatan Waru), Panti Asuhan Insanul Kamil (Kecamatan Waru), dan Panti Asuhan Al Kaafi (Kecamatan Sedati). Penyaluran bantuan tersebut diharapkan dapat menunjang kesejahteraan anak-anak yatim/piatu binaan ketiga panti tersebut.

Sesuai dengan tema besar HUT BPK RI ke-71 yaitu ‘Merajut Kebersamaan‘, berbagai aktivitas peringatan HUT BPK RI diharapkan dapat menumbuhkan dan mempererat rasa persaudaraan di kalangan pegawai BPK pada khususnya, serta BPK dengan masyarakat secara umum. Secara khusus, kebersamaan dalam internal BPK akan memudahkan koordinasi untuk melaksanakan rencana strategis (Renstra) BPK 2016-2020 agar pemeriksaan yang dilaksanakan BPK memberikan manfaat kepada masyarakat. Sedangkan secara umum, tumbuhnya semangat kebersamaan dalam diri masing-masing pribadi akan mendorong terwujudnya persatuan individu dalam mewujudkan cita-cita bersama, yaitu Indonesia yang maju dan sejahtera.

Dirgahayu BPK RI .. !!