BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Hadiri Kunker Reses Komisi XI DPR

71

Kamis, 14 Desember 2017 – Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Novian Herodwijanto dengan didampingi oleh Kepala Subauditorat Jawa Timur I Abdul Choliq menghadiri kunjungan kerja dalam rangka reses Komisi XI DPR RI. Acara yang bertempat di Ruang Rapat Jenggolo, Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur ini dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Soepriyatno. Selain BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, acara ini juga dihadiri oleh Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, Kantor Wilayah Kementerian Keuangan di Jawa Timur (Pajak, Bea Cukai, dan Perbendaharaan), BPS Provinsi Jawa Timur, serta Perwakilan BI di wilayah Jawa Timur.

Komisi XI DPR RI antara lain menanyakan permasalahan seputar pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur, mulai dari potensi serta realisasi penerimaan pajak dan bea cukai, PDRB Jawa Timur, dilanjutkan data dari BPS terkait sumbangan inflasi Jawa Timur terhadap inflasi nasional.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur pada pertemuan tersebut menyampaikan paparan mengenai kinerja BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dalam mengawal pengelolaan keuangan pemerintah daerah di Jawa Timur agar transparan dan akuntabel. Paparan yang disampaikan antara lain mengenai temuan dan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK, langkah dan pembinaan yang dilakukan BPK dalam rangka memperbaiki kinerja laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD), serta upaya BPK dalam melakukan empowering terhadap pegawai pemerintah daerah agar LKPD menjadi lebih baik. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur juga menyampaikan saran kepada Komisi XI DPR RI sebagai masukan bagi perbaikan kinerja dan pengawasan DPR di masa mendatang.