Sosialisasi Itama tentang Quality Assurance LHP BPK & Sistem Penjaga Integritas Pemeriksa

135

sosialisasi-itamaSidoarjo – Badan Pemeriksan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Jawa Timur pada hari Jumat, 9 Maret 2012 memperoleh kesempatan mendengarkan pemaparan dari Inspektur Utama BPK RI, DR. Mahendro Sumardjo, MM., mengenai Quality Assurance atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dan Sistem Penjaga Integritas dan Kontrol Resiko pada pemeriksa. Sosialisasi ini dilaksanakan di Auditorium BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Jalan Raya Juanda, Sidoarjo dan diikuti oleh seluruh pemeriksa di lingkungan perwakilan. Acara yang dipandu oleh Plh. Kepala Perwakilan, Teguh, S.E. ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang dihasilkan oleh BPK RI.

Dasar dilaksanakannya sosialisasi ini menurut DR. Mahendro Sumardjo adalah hasil evaluasi Revbang dan review Inspektorat Utama BPK RI atas LHP-LHP yang diterima dari seluruh Indonesia. Berdasarkan evaluasi dan review tersebut diketahui terdapat permasalahan mendasar yang menyangkut keakurasian angka-angka yang tercantum dalam LHP BPK dan tidak konsistennya unsur-unsur temuan dalam LHP. Dalam pemaparannya, DR. Mahendro Sumardjo menyampaikan bahwa quality assurance tidak bisa lepas dari kualitas atau mutu LHP. Dua masalah mendasar yang ditemui dalam LHP BPK merupakan masalah yang prematur yang diharapkan dapat dihilangkan dalam setiap tahap pemeriksaan mulai dari perencaan pemeriksaan hingga pelaporan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa saat ini, LHP BPK mulai dipertanyakan oleh auditee karena auditee sekarang sudah mulai aware dan bisa membaca LHP sehingga dalam LHP LKPD misalnya, pemberian opini harus sesuai dengan standar, pedoman dan best practice pemeriksaan. Berbicara mengenai quality assurance tidak bisa terlepas dari quality control. Quality control merupakan proses didalam internal tim pemeriksaan dan menjadi tanggung jawab tim pemeriksaan dan satuan kerja. Sedangkan quality assurance berkaitan dengan bagaimana Itama memastikan apakah quality control telah berjalan dengan efektif dan sesuai dengan standar yang berlaku. Pada kesempatan ini, DR. Mahendro Sumardjo mencoba mengingatkan kembali mengenai audit quality control dengan seluruh karakteristik inheren yang melekat.