Tingkatkan Soft Skill, Puluhan Pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Ikuti Diklat Achievement Motivation

29

Sebagai lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memerlukan dukungan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan tangguh dalam menghadapi segala permasalahan dan tantangan. Salah satu cara membentuk SDM yang tangguh dan kompeten tersebut dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan (diklat). Selain berbagai diklat teknis yang terkait langsung dengan kegiatan pemeriksaan, diklat terkait soft skill juga perlu diberikan kepada pegawai untuk dapat membentuk SDM yang berkualitas dan profesional terhadap jabatan dan tugasnya.

Sehubungan dengan peningkatan soft skill pegawai, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BPK RI menyelenggarakan Diklat Achievement Motivation. Model pelatihan yang pertama kali diperkenalkan oleh Prof. David McClelland dari Harvard University ini bertujuan mendorong semangat pegawai untuk berprestasi dalam bidang pekerjaan masing-masing sekaligus meningkatkan kompetensi.

Kepala Subbagian Keuangan Haryo Pamungkas membuka acara diklat yang bertempat di Ruang Auditorium dan menyatakan bahwa Diklat Achievement Motivation merupakan diklat yang diselenggarakan untuk pengembangan kompetensi pegawai, khususnya non pemeriksa. Setelah mengikuti Diklat Achievement Motivation, peserta diharapkan dapat menyusun tujuan pribadi beserta rencana aksi (action plan) untuk mewujudkan tujuan tersebut sekaligus meningkatkan kinerjanya.

Sebagai narasumber, Pusdiklat BPK RI menunjuk Pulung Tri Anggoro yang sudah berpengalaman dalam menangani diklat-diklat serupa. Selama dua hari penyelenggaraan diklat, yaitu 22 s.d. 23 November 2017, peserta diklat mendapat pemahaman untuk menganalisis berbagai model achievement motivation. Selain itu, peserta juga belajar untuk menilai tingkat achievement motivation yang dimiliki serta trik-trik untuk meningkatkan kualitas hasil kerja dan menumbuhkan semangat kerja yang hilang.

Pada akhir diklat, sebagai bentuk apresiasi kepada peserta yang dinilai aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, panitia diklat membagikan doorprize kepada peserta. Diklat yang diikuti oleh 42 peserta ini ditutup oleh Kepala Subbagian Keuangan yang mewakili Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.