Survei ADKAR Oleh Direktorat PSMK di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur

55

Selasa, 7 November 2017 – Tim dari Direktorat Perencanaan Strategis dan Manajemen Kinerja (PSMK) BPK Pusat menyelenggarakan survei ADKAR untuk tahun anggaran 2017. Acara yang bertempat di Ruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur ini dibuka oleh Kepala Sekretariat Perwakilan Provinsi Jawa Timur Pujo Sumekto, yang mewakili Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Sedangkan tim dari Direktorat PSMK terdiri dari Antonius Tri Adi Rektanto, Sonia Moeharjono Puteri, dan Miranda Raycha Agustine.

Peserta yang ikut berpartisipasi dalam survei ADKAR kali ini sebanyak 48 orang yang terdiri dari para kepala subauditorat, para kepala subbagian, para pejabat fungsional pemeriksa, serta beberapa staf di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Kepala Sekretariat Perwakilan berharap tim PSMK dapat memberikan paparan dan menyebarluaskan informasi mengenai tema dan fokus pemeriksaan BPK kepada pegawai BPK Perwakilan Jawa Timur. “Tujuannya agar kami lebih aware atas apa yang dapat kami lakukan untuk mewujudkan sasaran strategis BPK dalam mendukung pencapaian tujuan strategis BPK pada Renstra BPK 2016—2020,” kata Kepala Sekretariat Perwakilan.

Sebelum pelaksanaan survei, ada dua agenda yang dipaparkan oleh tim dari PSMK. Pertama, mengomunikasikan fokus pemeriksaan BPK tahun 2016-2020 sebagai bagian Renstra BPK. Kedua, peran dan kontribusi satuan kerja (khususnya BPK Perwakilan) dalam pelaksanaan fokus pemeriksaan. Kedua agenda tersebut dijabarkan oleh Antonius Tri Adi Rektanto dan Sonia Moeharjono Puteri sebagai pembicara.

Antonius yang menjadi pembicara pada sesi pertama memberikan paparan mengenai gambaran renstra dan kinerja organisasi BPK. Beberapa pertanyaan sempat dilontarkan kepada peserta untuk mengetahui tingkat pemahaman atas perkembangan kinerja organisasi dan pemeriksaan. Para peserta terlihat aktif dalam penjelasan survei kali ini, terlihat dari beberapa pertanyaan seputar rencana pemeriksaan yang ditanyakan kepada pembicara.

Pada sesi kedua, Sonia menjelaskan tujuan diadakannya survei ADKAR. BPK melakukan program pengelolaan pengubahan (change management) yang merupakan satu dari delapan program Reformasi Birokrasi di BPK. Program ini merupakan bentuk pengelolaan sumber daya dalam rangka mencapai tujuan organisasi dengan kinerja yang lebih baik. Dalam pengelolaan pengubahan tersebut, BPK menggunakan pendekatan dari Prosci, yaitu ADKAR (Awareness – Desire – Knowledge – Ability – Reinforcement).

Sesi terakhir adalah pengisian form survei yang dibagikan kepada peserta. Agar peserta survei lebih paham dan tidak ada yang terlewat dalam pengisian kuisioner survei, tim PSMK berkeliling mengawasi peserta sambil sesekali memberikan penjelasan. Rangkaian acara berakhir pada pukul 11.25 WIB.