Peringati Sumpah Pemuda, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Selenggarakan Upacara Bendera

76

Senin, 30 Oktober 2017 – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan upacara bendera. Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2017 kali ini mengangkat tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”.

Bertempat di halaman depan kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 diikuti oleh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Pada upacara ini, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Novian Herodwijanto selaku inspektur upacara memimpin langsung pelaksanaan upacara bendera. Bertindak sebagai komandan upacara adalah Ketua Tim Senior Purwoko Nugroho, sedangkan petugas upacara lainnya adalah para pegawai dari Subauditorat Jawa Timur II.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dalam sambutan yang dibacakan oleh inspektur upacara menegaskan bahwa api semangat sumpah pemuda harus terus dinyalakan. Seluruh rakyat Indonesia harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Sudah seharusnya langkah-langkah dan keberanian para pemuda Indonesia yang melahirkan sumpah pemuda diteladani oleh pemuda masa kini.

“Pemerintah selama ini telah memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan kepemudaan Indonesia. Bulan Juli 2017 yang lalu, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2017 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan. Melalui perpres ini, peta jalan kebangkitan pemuda Indonesia terus kita gelorakan,” kata Menpora menutup sambutannya.

Selain pembacaan sambutan dari Menpora, pada upacara kali ini juga dibacakan teks keputusan Kongres Pemuda Indonesia yang diselenggarakan tahun 1928. Dalam teks keputusan tersebut, seluruh organisasi kepemudaan di Indonesia mengikrarkan kesatuan tanah air, bangsa, dan bahasa, yaitu Indonesia. Setelah 17 tahun, ikrar ini terbukti melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945. Semangat persatuan dari ikrar tersebut diharapkan dapat diteruskan para pemuda Indonesia masa kini untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Meski upacara berlangsung di tengah terik panas matahari pagi, seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur tetap disiplin mengikuti jalannya upacara dari awal sampai dengan selesai. Secara keseluruhan, upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 telah terlaksana dengan tertib dan khidmat.

Salam Pemuda .. !!!