Survey Pengukuran IKU Indeks BPK Tahun 2017

105

Senin, 16 Oktober 2017 – BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur ikut berpartisipasi sebagai responden dalam survey pengukuran Indikator Kinerja Utama (IKU) Indeks BPK Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Direktorat Perencanaan Strategis dan Manajemen Kinerja (PSMK). Survey ini merupakan keberlanjutan dari survey serupa yang sudah dilaksanakan pada tahun 2016 untuk memotret kinerja BPK dan persepsi masyarakat terkait pengimplementasian Rencana Strategis (Renstra) BPK 2016-2020.

Responden survey ini meliputi pihak internal BPK dan eksternal BPK selaku pemangku kepentingan (stakeholder). Responden pihak internal BPK terdiri dari BPK Pusat dan BPK Perwakilan, termasuk BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Sedangkan responden dari eksternal BPK di Jawa Timur, antara lain Pemerintah dan DPRD Provinsi Jawa Timur, Pemerintah dan DPRD Kota Surabaya, Kepolisian Daerah Jawa Timur, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, kantor akuntan publik, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), pengusaha, pegawai swasta, dan tokoh masyarakat.

Pada survey yang bertempat di Ruang Auditorium ini, sebanyak 35 (tiga puluh lima) pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menjadi responden. Pegawai yang menjadi responden survey tersebar mulai dari pejabat struktural, pemeriksa, dan non pemeriksa. Pengambilan dan pengolahan data dari responden dilaksanakan oleh PT Wahana Data Utama sebagai pihak independen dengan pendampingan dari Direktorat PSMK.

Pelaksanaan survey selama satu jam berjalan dengan lancar. Melalui survey ini, diharapkan kinerja organisasi BPK (termasuk berbagai satuan kerja di BPK) dapat diukur dari berbagai aspek yang telah ditentukan sebelumnya. Selain itu, tingkat kemajuan implementasi reformasi birokrasi di BPK juga dapat diketahui.