Diklat LKPD TA 2011 di BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur

163

diklat-lkpd-2012Sidoarjo – 17 Januari 2012. Dalam rangka persiapan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2011 yang akan didahului dengan pemeriksaan Pendahuluan LKPD pada bulan Januari 2012, BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Diklat LKPD TA 2011 untuk para anggota tim. Diklat ini diselenggarakan di Auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Jalan Raya Juanda, Sidoarjo selama lima hari, yaitu pada hari Senin-Jumat tanggal 16 s.d.20 Januari 2012. Diklat yang diikuti oleh 50 peserta yang merupakan anggota tim pemeriksaan ini dibuka oleh Plh. Kepala Perwakilan, Astar Lambaga.

Latar belakang penyelenggaraan diklat ini adalah bahwa pemeriksa dituntut untuk dapat bekerja secara profesional dan independen agar mampu menghasilkan laporan hasil pemeriksaan yang handal sehingga untuk memenuhi tuntutan tersebut pemeriksa harus senantiasa meningkatkan kemampuan dan keahlian terkait dengan pemeriksaan yang dilakukannya. Penyelenggaraan diklat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pemeriksa sehingga mampu menghadapi permasalahan-permasalahan yang muncul ketika melakukan tugas dilapangan terutama ketika menemui permasalahan terkait dengan aspek akuntansi, perumusan temuan, metode/teknik pelaksanaan pemeriksaan keuangan.

Dalam sambutannya, Plh. Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Timur menyampaikan harapan bahwa peserta diklat dapat mengikuti semua sesi diklat dengan serius, disiplin dan bertanggung. Diklat ini diselenggarakan sebagai sarana menambah wawasan dan sarana berbagi pengalaman kepada para peserta sebagai anggota tim karena akan disajikan materi dari para instruktur yang mempunyai kompetensi dan pengalaman yang memadai sesuai dengan tujuan diklat.  

Materi yang disajikan dalam Diklat LKPD antara lain adalah pembahasan mengenai gambaran umum Pemeriksaan LKPD, pemeriksaan atas akun pendapatan, pemeriksaan atas akun belanja, pemeriksaan atas akun aset, pemeriksaan atas akun pembiayaan, pemeriksaan atas akun kewajiban, penyusunan kertas kerja pemeriksaan dan studi kasus permasalahan-permasalahan yang umumnya ditemui ketika pemeriksaan LKPD.