Laporan Keuangan Pemkab Kediri Raih Opini WTP

391

BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur pada Rabu, 31 Mei 2017 menggelar penyerahan Laporan hasil Pemeriksaan BPK atas laporan Keuangan Pemerintah daerah tahun anggaran 2016. Acara tersebut berlangsung di gedung BPK perwakilan Provinsi Jawa Timur jalan raya Juanda Gedangan Sidoarjo.

Pada acara tersebut Kabupaten Kediri mendapat capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hal ini termasuk suatu yang sangat membanggakan, karena mampu meningkatkan apa yang telah dicapai pada tahun sebelumnya dari WDP (Wajar Dengan Pengecualian) menjadi WTP.

Bupati Kediri Dr. Hj Haryanti Sutrisno bersama Ketua DPRD Kabupaten Kediri H. Sulkani yang hadir dalam acara tersebut menandatangani berita acara dan menerima Laporan hasil Pemeriksaan BPK yang diserahkan oleh Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Novian Herodwijianto.

Ada 3 buah dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan BPK meliputi, 1. Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan, 2. Laporan Hasil Pemeriksaan atas Sistem Pengendalian Intern dan yang ke 3. Laporan Hasil Pemeriksaan atas Kepatuhan Terhadap Ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

Bupati Kediri Haryanti Sutrisno menyampaikan kebahagiaannya atas hasil LKPD 2016 yang kembali mendapat opini WTP murni.  “Ini merupakan buah kerja keras kita semua selama ini. yaitu kerja keras dan kerjasama yang dilakukan oleh seluruh OPD dengan Kepala Daerah dan DPRD dalam penggunaan uang rakyat dan penggunaan APBD,” ungkapnya.

Empat syarat memperoleh WTP murni sudah kami penuhi dengan baik yaitu laporan disusun sesuai standar akuntasi pemerintah, semua pendapatan dan belanja telah tertera di laporan keuangan, adanya ketaatan terhadap pelaksanaan kegiatan sesuai dengan ketentuan dan yang terakhir optimalisasi pengendalian internal Pemerintah Daerah yang dilaksanakan oleh inspektorat dan OPD. “Sekarang bagaimana kita mempertahankan apa yang telah kita capai saat ini, karena mempertahankan itu lebih sulit dari pada meraihnya” kata Bupati Haryanti.

Dalam sambutannya Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Novian Herodwijianto, mengatakan kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Walikota beserta jajarannya yang telah menyampaikan laporan keuangannya dan auditnya secara tepat waktu kepada BPK. “Saya ucapkan terimakasih juga atas kerjasamanya sehingga kita selalu berusaha dan berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan keuangan Negara yang transparan dan akuntabel,” tandasnya.

[Selengkapnya …]