Peringati Hari Lahir Pancasila, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Gelar Upacara Bendera

246

Kamis, 1 Juni 2017 – BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 1945. Hari lahir Pancasila tersebut ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2016. Dalam keputusan tersebut, dinyatakan bahwa seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

Dalam upacara bendera kali ini, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Novian Herodwijanto bertindak selaku inspektur upacara. Adapun yang bertindak sebagai petugas upacara adalah para pegawai pada unit kerja Subauditorat Jawa Timur IV, dengan komandan upacara Ketua Tim Senior Supatman.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya yang dibacakan oleh inspektur upacara menyatakan bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Meski demikian, para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara dengan jiwa besar telah berhasil membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita melalui Pancasila. Di tengah maraknya tantangan dan ujian terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara, Presiden menghimbau semua pihak agar waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Seluruh komponen masyarakat juga diajak untuk menjaga Pancasila serta terus meningkatkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Upacara bendera kali ini diselenggarakan bertepatan dengan Bulan Ramadhan 1438 Hijriyyah. Meski mayoritas dalam kondisi berpuasa, seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur tetap semangat mengikuti upacara yang bertempat di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur ini. Secara keseluruhan, upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 berjalan dengan tertib dan khidmat.