BPK Goes to Campus di Poltekkes Surabaya dan Poltekkes Malang

231

Sabtu, 29 April 2017 – Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar mengajak seluruh civitas akademika di Indonesia untuk melawan korupsi di lingkungannya masing-masing. Caranya antara lain dengan belajar memilah dan memilih hal-hal yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan. Selain itu, berusaha menerapkan kejujuran dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, termasuk dalam menjalankan tugas.

Pesan tersebut disampaikan Wakil Ketua BPK saat memberikan materi “Peran BPK dalam Mendukung Good Governance” pada acara BPK Goes to Campus di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) di Surabaya dan Malang. Wakil Ketua BPK menyatakan bahwa dalam konsep trias politica, BPK menjalankan fungsi auditif yang terlepas dari pengaruh ketiga kekuasaan yang ada (eksekutif, legislatif, yudikatif). Wakil Ketua BPK juga menjelaskan peran BPK dalam ketatanegaraan, jenis-jenis pemeriksaan yang dilaksanakan oleh BPK, serta temuan-temuan pemeriksaan BPK secara umum.

“Tugas BPK adalah menjamin akuntabilitas dan menjaga transparansi pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan diharapkan dapat meningkatkan kemakmuran rakyat sesuai amanat undang-undang,” kata Wakil Ketua BPK.

Dalam kegiatan BPK Goes to Campus ini, Wakil Ketua BPK didampingi oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Novian Herodwijanto, Tenaga Ahli Anggota VI BPK Achmad Djajuli, dan Kepala Subauditorat VI.A.1 Arief Fadillah. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Kemenkes Achmad Soebagjo Tancarino, Direktur Poltekkes Kemenkes Surabaya Bambang Hadi Sugito, dan Direktur Poltekkes Kemenkes Malang Budi Susatia.

Kegiatan BPK Goes to Campus bertujuan mengenalkan BPK kepada kalangan akademisi serta menumbuhkan public awareness untuk turut mengawal pengelolaan keuangan negara. Kegiatan yang bertempat di Poltekkes Kemenkes Surabaya diikuti oleh unsur pimpinan, dosen, pegawai, dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Surabaya. Sedangkan kegiatan yang bertempat di Poltekkes Kemenkes Malang diikuti oleh jajaran pejabat dan pegawai di lingkungan Poltekkes Kemenkes Malang.