Pelatihan ESQ di BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur

151

esq-2010

          Sidoarjo – 05 November 2010. Perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam organisasi merupakan topik paling penting di zaman modern ini. Perkembangan industri, dunia usaha dan dunia kerja yang semakin cepat menimbulkan kompetisi dalam tataran global dan menuntut adanya sumber daya manusia yang handal, terdidik, terampil, gigih, jujur, bertanggung jawab, disiplin serta visioner.  BPK RI sebagai bagian dari perkembangan dunia kerja yang semakin cepat dan dinamis tentu ingin mengembangkan seluruh potensi SDM-nya agar dapat meningkatkan kinerja seluruh pegawainya baik dalam kinerja pemeriksaan maupun kinerja penunjangnya.  Salah satu metode untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan kinerja dari masing-masing individu adalah melalui training ESQ. Training ESQ merupakan training kepemimpinan dan pengembangan kepribadian dalam membentuk karakter tangguh yang memadukan konsep kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) secara terintegrasi dalam upaya meningkatkan kinerja dan produktifitas. Pentingnya pengembangan SDM di BPK RI maka BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur mengadakan training ESQ bagi seluruh pegawainya. Training yang bekerjasama dengan ESQ Leadership Center  Jawa Timur ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 02 s.d. 04 November 2010 di Aula Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Jalan Raya Juanda, Sidoarjo.

          Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Timur Mahendro Sumardjo menyampaikan bahwa Training ESQ di Jawa Timur ini terilhami dari training serupa yang diadakan di Jakarta pada tahun 2007 yang diikuti oleh Pimpinan BPK RI yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara BPK RI dan ESQ Leadership Center. BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur patut berbangga hati karena Training ESQ ini merupakan Training ESQ pertama yang dilaksanakan oleh Perwakilan BPK RI dan seluruh kegiatan dilaksanakan dilingkungan kantor perwakilan. Parameter keberhasilan training ini yang mengetahui adalah masing-masing peserta yang dapat tercermin dari peningkatan kualitas pribadi dan profesional masing-masing individu. Berkaitan dengan tugas sebagai auditor, hasilnya dapat dilihat setelah selesainya laporan hasil pemeriksaan, yaitu apakah terjadi peningkatan kualitas laporan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan menyampaikan harapan bahwa dengan mengikuti pelatihan ini, seluruh pegawai dapat menjadi pribadi yang unggul, bernilai luhur dan visioner. Pelatihan ESQ ini diharapkan juga dapat mewujudkan apa yang diinginkan Pimpinan BPK RI dalam rangka menjaga amanah konstitusi dan seluruh SDM BPK RI terhindat dari kesan dan perilaku yang negatif.

          Materi pelatihan yang diikuti oleh 169 pegawai dari seluruh bagian kerja baik kepala bagian maupun staf di BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur ini dilakukan oleh Mukhlis Sjamsuddin, trainer dari ESQ Leadership Center Jakarta. Materi diberikan selama tiga hari dengan metode pembelajaran orang dewasa yang mengkombinasikan antara ceramah dan tanya jawab. Materi yang diberikan sebanyak 39 jam pelajaran antara lain mengenai conditioning, background, outer journey, review cosmic, inner journey, CEO Character, Zero Mind Process (ZMP), Review Big Bang, Review ZMP, Star Principle, Angel Principle, Leadership Principle, Vision, Asma’ul Husna, Well Organized, Mission Statement Character Building, Self Controling, Strategic Collaboration dan Total Action.