Pengarahan Kepala Perwakilan Terkait Persiapan Pemeriksaan LKPD

198

Selasa, 31 Januari 2017, seluruh tim pemeriksa LKPD TA 2016 di wilayah Jawa Timur berkumpul di Ruang Auditorium – Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Berkumpulnya para pemeriksa ini dalam rangka mengikuti pengarahan dari Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur sebagai persiapan pemeriksaan interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2016 yang akan segera dimulai pada Februari 2017. Selain tim pemeriksa, acara ini juga dihadiri oleh para Kepala Subauditorat dan Pengendali Teknis di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Dalam arahannya, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Novian Herodwijanto menyampaikan pokok-pokok hasil Rakor Pelaksana BPK Tahun 2017 yang dilaksanakan di Magelang pada 11 Januari 2017. Hal-hal yang disampaikan antara lain arahan dari para Anggota BPK, arahan Auditor Utama Keuangan Negara (Tortama KN) V, serta hasil reviu Inspektorat Utama (Itama).

“Dari hal-hal yang sudah disampaikan tadi, kita memang harus terus menerus memelihara profesionalisme pemeriksaan, sejak dari perencanaan sampai dengan pelaporan,” ujar Novian.

Seluruh tim pemeriksa dihimbau untuk mengatur manajemen waktu sebaik-baiknya agar kegiatan pemeriksaan dapat efektif dan laporan hasil pemeriksaan dapat disampaikan tepat waktu. Selain itu, Kepala BPK Perwakilan tak lupa mengingatkan seluruh pemeriksa BPK untuk senantiasa menjaga independensi, integritas, dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas pemeriksaan. Untuk itu, komunikasi yang efektif dan berjenjang antara Anggota Tim, Ketua Tim, Pengendali Teknis, dan Penanggung Jawab Pemeriksaan harus lebih diintensifkan, terutama apabila ditemui kendala-kendala dalam pelaksanaan pemeriksaan.