Kesederhanaan dalam Kemeriahan HUT BPK Ke-70

149

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dibentuk berdasarkan amanat Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Dengan Penetapan Pemerintah Nomor 11/OEM tanggal 28 Desember 1946, berdirilah Badan Pemeriksa Keuangan pada tanggal 1 Januari 1947. Setelah melalui beberapa fase pemerintahan, pada tahun 1973 dikeluarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1973 tentang Badan Pemeriksa Keuangan, yang mengganti dan mencabut Undang-Undang Nomor 17 tahun 1965.

Amandemen ketiga UUD 1945 pada pasal 23E, 23F dan 23G, dan dikeluarkannya paket tiga undang-undang tentang keuangan negara pada tahun 2003 dan 2004 memberikan kewenangan yang lebih kuat dan jelas kepada BPK. Hal tersebut menjadi dasar disusunnya Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan yang menggantikan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1973. Dengan kedudukan dan wewenang tersebut, BPK semakin kokoh dalam mendorong penegakan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara yang lebih baik.

Kini tak terasa BPK sudah berusia 70 tahun sejak pertama kali berdirinya pada tahun 1947. Sebagai lembaga negara yang mendapat mandat Undang-Undang untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, BPK terus bertransformasi ke arah yang lebih baik dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat akan terwujudnya pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan. Pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan tersebut diharapkan dapat menjadi pendorong tercapainya good governance yang menjadikan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat sebagai tujuan utama.

Dalam rangka menyemarakkan ulang tahun BPK ke-70 yang jatuh pada Januari 2017, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan beberapa kegiatan yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan yang diselenggarakan antara lain turnamen bola voli, aneka fun games, kontes karaoke, dan donor darah.

Turnamen bola voli diikuti oleh tim putra dan tim putri yang mewakili unit kerja Sekretariat Perwakilan dan empat Subauditorat di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Pertandingannya sendiri digelar pada Kamis dan Jum’at, 12 dan 13 Januari 2017. Turnamen bola voli ini akhirnya memunculkan Sekretariat Perwakilan (Tim Putra) dan Subauditorat Jawa Timur III (Tim Putri) sebagai juara.

Kegiatan yang diselenggarakan secara sederhana ini tidak menyurutkan semangat para pegawai untuk turut menyemarakkan ulang tahun BPK ke-70. Puncaknya pada Senin, 16 Januari 2017 dilaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan HariĀ Ulang Tahun BPK ke-70 yang dirangkai dengan penyematan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada PNS di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur yang telah mengabdi kepada negara selama 10 dan 20 tahun. Dalam amanat yang dibacakan oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Novian Herodwijanto, Ketua BPK Harry Azhar Azis menyatakan bahwa usia BPK yang sudah mencapai tujuh dekade perlu dimaknai sebagai kematangan organisasi karena semakin matang suatu organisasi berarti semakin banyak pengalaman dan pembelajaran organisasi dalam memperbaiki diri dan meningkatkan kapasitasnya. Selain itu, kematangan organisasi juga dapat meningkatkan manfaatnya bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Setelah upacara bendera, seluruh pegawai guyub membaur dalam kompetisi fun games di halaman depan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Aneka permainan yang mempertandingkan antar unit kerja ini berlangsung seru dan penuh keceriaan. Siangnya, setiap unit kerja kembali berkompetisi dalam kontes karaoke yang digelar di Ruang Auditorium – Lantai 2. Kontes karaoke semakin meriah karena para peserta mengeluarkan seluruh kemampuannya sehingga mengundang seluruh penonton untuk mengikuti acara sampai akhir.

Dalam keseluruhan kompetisi dan perlombaan dalam rangka HUT BPK ke-70 tersebut, unit kerja Sekretariat Perwakilan muncul sebagai juara umum. Hasil ini sekaligus mengembalikan tradisi Sekretariat Perwakilan sebagai jawara perlombaan HUT BPK setelah tahun lalu direbut oleh Subauditorat Jawa Timur II. Rangkaian acara HUT BPK ke-70 ditutup dengan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan UDD PMI Kabupaten Sidoarjo pada Rabu, 18 Januari 2017.

Melalui peringatan HUT BPK Ke-70, seluruh pegawai BPK menyatukan tekad untuk selalu menjunjung tinggi independensi, integritas, dan profesionalisme serta senantiasa memohon bimbingan dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa agar menguatkan langkah dalam membangun bangsa dan negara ini.

Dirgahayu BPK ke-70 !!