Liputan Penyerahan LHP BOS Tahun Anggaran 2008 di BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur

198

Rabu, 11 Maret 2009 bertempat di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur Jl. Kendangsari 45-47 Surabaya dilaksanakan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Penggunaan Dana BOS dan Dana Pendidikan Dasar Lainnya Tahun Anggaran 2008.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Timur, Drs. Zindar Kar Marbun, Msi menerangkan bahwa pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan spesifik karena anggaran yang diperiksa bersumber dari APBN dan dilakukan serentak pada semua provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah entitas secara keseluruhan sebanyak 63 entitas. Di Provinsi Jawa Timur sendiri ada empat kabupaten yang dijadikan sampel, antara lain Kabupaten Malang, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lamongan dengan 149 SD/MI dan 144 SMP/MTs.

Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur Dr.H. Saifullah Yusuf sebagai wakil Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa Gubernur Jawa Timur akan serius dan bersungguh-sungguh menindaklanjuti temuan pemeriksaan BPK melalui tindakan yang konkret. Wakil Gubernur juga menyampaikan bahwa pemda-pemda di Jawa Timur hendaknya menerima dengan baik hasil pemeriksaan BPK sehingga menjadi catatan valid dan menjadi pengingat bahwa pemda sebagai kuasa pengguna anggaran masih ada urusan yang belum selesai.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Ir.HM. Ridwan Hisjam H. Suhartono W, SE, MBA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa DPRD Provinsi Jawa Timur bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk menggunakan hasil pemeriksaan ini untuk memperbaiki prosedur-prosedur yang belum pada tempatnya dan akan teliti dalam membaca suatu peraturan. Legislatif dan eksekutif juga akan melakukan koordinasi yang baik dalam pelaksanaan penyaluran dana-dana anggaran dan belanja daerah.