BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Memperingati Hari Ibu Melalui Upacara Bendera

170

Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-88, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur melaksanakan upacara bendera pada hari Kamis, 22 Desember 2016. Upacara bendera ini bertempat di halaman depan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dan diikuti oleh para pejabat struktural, pejabat fungsional, serta seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Upacara bendera dipimpin langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Novian Herodwijanto, selaku inspektur upacara.

Selaras dengan semangat Peringatan Hari Ibu, mayoritas petugas upacara pada upacara bendera kali ini adalah pegawai perempuan di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Adapun yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Ida Fatmawati dari Subauditorat Jawa Timur II.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh inspektur upacara, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan AnakĀ Yohana Susana Yembise menyatakan bahwa Hari Ibu di Indonesia berbeda dengan “Mother Days” di beberapa negara lain di dunia. Hal ini dikarenakan Hari Ibu di Indonesia dilandasi oleh tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan yang dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil, dan makmur sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Pada era kekinian, perempuan dan laki-laki mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama sebagai sumber daya pembangunan. Hal ini juga sesuai dengan target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional, baik jangka menengah dan jangka panjang dari Suistainable Development Goals (SDGs) sampai dengan tahun 2030 mendatang. Dengan mempertimbangkan kondisi dan isu-isu prioritas saat ini, Peringatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016 mengambil tema “Kesetaraan Laki-Laki dan Perempuan untuk Mewujudkan Indonesia yang Bebas dari Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Perdagangan Orang dan Kesenjangan Akses Ekonomi terhadap Perempuan”.

Mengakhiri sambutannya, Yohana mengajak semua masyarakat khususnya kaum perempuan Indonesia untuk terus berkarya, menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya. Dengan demikian perempuan bersama lakiĀ­-laki dapat menjelma menjadi kekuatan yang besar dalam membangun bangsa.

Selain pembacaan sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pada upacara kali ini juga dibacakan sejarah singkat Hari Ibu. Upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke-88 di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur secara umum berjalan dengan tertib dan khidmat.