Knowledge Transfer Forum “Sustainable Development Goals”

150

BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Knowledge Transfer Forum (KTF) dengan tema “Sustainable Development Goals (SDGs)”. Kegiatan KTF diselenggarakan pada Rabu, 7 Desember 2016 dan bertempat di Ruang Auditorium – Lantai 2, Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan, Blucer Welington Rajagukguk. Adapun peserta KTF adalah para pemeriksa di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Dalam paparannya, Blucer menjelaskan bahwa berdasarkan hasil survei INTOSAI, SDGs telah menjadi topik utama di level global (high priority). Hal tersebut dibuktikan bahwa sebanyak 56% dari 116 responden Supreme Audit Institution (SAI) di seluruh dunia telah memasukkan SDGs sebagai topik pemeriksaannya. Indonesia sendiri telah memasukkan konsep SDGs dalam penyelenggaraan perekonomian nasional. Konsep tersebut dinyatakan dalam Perubahan Keempat UUD 1945 Pasal 33 Ayat (4) yang berbunyi “Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional”.

Banyak faktor yang harus disiapkan untuk dapat menjalankan konsep SDGs antara lain keakuratan data kemiskinan dan berbagai masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat. Pada level nasional, upaya sinkronisasi SDGs dilaksanakan melalui rencana penerbitan Peraturan Presiden Pelaksanaan SDGs. BPK sendiri juga telah menindaklanjuti komitmen pencapaian SDGs tersebut melalui penerbitan Keputusan Wakil Ketua BPK Nomor 18 Tahun 2016 tentang Tim Pelaksana Komitmen Badan Pemeriksa Keuangan dalam International Organization of Supreme Audit Institutions Working Group on Environmental Auditing Tahun Anggaran 2016.

Peserta KTF tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Pada akhir sesi, diselenggarakan tanya jawab untuk memastikan bahwa peserta benar-benar memahami paparan materi yang telah disampaikan. Melalui KTF ini, diharapkan para pemeriksa dapat memahami konsep SDGs.