Serunya Diklat Pelayanan Prima di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur

222

paparan

Pelayanan prima saat ini merupakan tuntutan yang harus dipenuhi oleh setiap unit pelayanan di lingkungan pemerintah. Sebagai unit kerja yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan-kebutuhan pegawai internal maupun masyarakat umum, Sekretariat Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur berupaya menerapkan pelayanan prima dalam menunjang pelaksanaan kegiatan pemeriksaan maupun non-pemeriksaan di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Dalam struktur organisasi BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Sekretariat Perwakilan yang membawahi Subbagian Tata Usaha Kepala Perwakilan, Subbagian Hubungan Masyarakat, Subbagian Sumber Daya Manusia, Subbagian Keuangan, Subbagian Hukum, dan Subbagian Umum dan Teknologi Informasi bertugas menyelenggarakan dan mengoordinasikan dukungan administrasi, hukum, hubungan masyarakat dan perpustakaan, protokoler, serta sumber daya untuk kelancaran tugas dan fungsi BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Seluruh tugas kesekretariatan tersebut sangat erat kaitannya dengan pemberian layanan kepada pihak internal maupun eksternal. Kepuasan atas layanan di bidang kesekretariatan salah satunya ditentukan oleh pelayanan prima yang diterapkan oleh pegawai yang menjalankan fungsi kesekretariatan.

Untuk lebih memahami konsep pelayanan prima dan penerapannya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BPK menyelenggarakan Diklat Pelayanan Prima. Diklat Pelayanan Prima diselenggarakan selama 2 (dua) hari, 1 s.d. 2 Desember 2016 dengan menghadirkan Muhammad Hairil Anwar dan Muhammad Satya Pradana sebagai instruktur diklat. Diklat yang bertempat di Ruang Auditorium, Lantai 2 – Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur ini diikuti oleh 35 (tiga puluh lima) orang pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Selama mengikuti diklat, para peserta memperoleh penjelasan mengenai pola pikir ”service with soul” (pelayanan dengan hati), konsep service excellent, dasar-dasar kesekretariatan, penyiapan konsep pidato, penyelenggaraan rapat dan implementasi kegiatan keprotokolan di BPK. Peserta diklat juga diberikan motivasi untuk membangun kebanggaan sebagai pegawai yang bertugas memberikan pelayanan dari hati. Agar konsep yang diberikan dapat diresapi, instruktur membimbing peserta menjalankan role  play dengan temaMelayani dengan Hati”. Peserta diklat begitu antusias mengikuti seluruh aktivitas pembelajaran yang memang berkonsep santai dan menyenangkan. Hal tersebut dapat dilihat dari semua peserta yang mengikuti diklat merasakan pembelajaran tersebut berjalan seru dan aktif.

diskusi

presentasi

Kegiatan diklat ditutup dengan pengisian post test oleh peserta diklat untuk mengetahui perkembangan peserta sebelum dan sesudah mengikuti diklat. Sebagai bentuk apresiasi kepada peserta yang aktif mengikuti pembelajaran, panitia diklat membagikan bingkisan kepada 6 (enam) orang peserta di akhir kegiatan diklat. Setelah mengikuti diklat ini, diharapkan para pegawai di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur mampu menerapkan pelayanan prima dalam melaksanakan tugas, terutama dalam melayani pimpinan dan tamu secara profesional.

penutup