BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan

161

suasana

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah,

tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”

(Pesan Pahlawan Nasional Soekarno)

Kutipan pesan pahlawan dari Presiden RI pertama Soekarno tersebut dibacakan pada upacara peringatan Hari Pahlawan pada tanggal 10 November 2016 di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Upacara yang bertempat di halaman depan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur ini diikuti oleh para pejabat struktural, pejabat fungsional, serta seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Dalam upacara tersebut, Kepala Sekretariat Perwakilan Provinsi Jawa Timur Joko Agus Setyono bertindak selaku inspektur upacara. Adapun yang bertindak sebagai komandan upacara kali ini adalah Yoni Sugeng Nugroho.

Peringatan Hari Pahlawan didasarkan pada Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Peristiwa tersebut memberi pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah “politik ketakutan”, melainkan “politik harapan”. Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan.

Setiap zaman memiliki tantangan tersendiri. Oleh karena itu, setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya. Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan kemerdekaan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Untuk itu, pemerintah mendorong Gerakan Hidup Baru sebagai gerakan revolusi mental untuk menggembleng manusia Indonesia ini menjadi manusia baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, serta berjiwa api yang menyala-nyala.

Melalui upacara Peringatan Hari Pahlawan, Menteri Sosial – dalam sambutannya yang dibacakan oleh inspektur upacara – mengajak untuk meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan para pahlawan seperti: taqwa kepada Tuhan YME, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para Pahlawan Bangsa. Menteri Sosial juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat, maupun pahlawan bagi Indonesia.

Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2016 di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur secara umum berjalan dengan lancar dan tertib.

peserta

pejabat

petugas

sambutan