In-House Training Pemeriksaan Jalan di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur

147

suasana-utama

Selasa, 1 November 2016, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan In House Training Pemeriksaan Jalan bagi para pemeriksa di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Pelatihan ini dilatarbelakangi munculnya berbagai tantangan dan dimensi tugas yang semakin berat dan kompleks dalam pemeriksaan BPK. Selain itu, tuntutan masyarakat terhadap peningkatan kinerja Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam segala hal semakin tinggi.

Salah satu upaya peningkatan kinerja yang dilakukan BPK adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang bertujuan untuk mencapai SDM BPK yang berkualitas dan profesional. Peningkatan SDM merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi kesuksesan kinerja organisasi mengingat manusia merupakan salah satu aset penting dari organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, In House Training Pemeriksaan Jalan diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan pemeriksa BPK mengenai pemeriksaan jalan.

Kegiatan pelatihan yang bertempat di Ruang Auditorium Lantai 2 – Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur ini diikuti oleh 43 orang peserta. Semua peserta pelatihan merupakan pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Adapun narasumber pelatihan merupakan ahli di bidang jalan yang berasal dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII, yaitu Achmad Subki (Kepala Bidang Pembangunan dan Pengujian), Herry Budianto (Tenaga Ahli Profesional), dan Ngadiono (Kepala Laboratorium Jalan).

buka

In House Training Pemeriksaan Jalan dibuka oleh Kepala Subauditorat Jawa Timur I M. Ali Asyhar, mewakili Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Sedangkan selama pelatihan, narasumber dimoderatori oleh Pengendali Teknis dari Subauditorat Jawa Timur I Iwan Hery Setiawan.

Selama lima jam pelatihan, peserta memperoleh penjelasan antara lain mengenai dokumen perencanaan pekerjaan konstruksi jalan, persyaratan teknis konstruksi jalan, pengendalian mutu aspal dan beton, dan identifikasi penyimpangan dalam perencanaan dan pelaksanaan konstruksi jalan. Selain itu, peserta pelatihan juga dikenalkan tentang tata cara pemeriksaan keandalan konstruksi jalan yang meliputi kuantitas dan kualitas.

Pelatihan berlangsung dinamis karena narasumber dan peserta saling berdialog mengenai teori yang dijelaskan dan praktik yang ditemui di lapangan. Melalui In House Training Pemeriksaan Jalan ini, pemeriksa BPK diharapkan dapat memahami alur pekerjaan konstruksi jalan untuk selanjutnya mampu menyusun rencana kegiatan pemeriksaan yang terkait dengan pemeriksaan infrastruktur jalan.

dialog