Kunjungan SMKN 1 Sumberrejo Bojonegoro ke BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur

338

buka

Selasa, 30 Agustus 2016, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur mendapat kunjungan dari SMK Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro. Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan industri dari SMK Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro untuk mengenalkan peserta didik dengan dunia kerja sesuai dengan program keahliannya. Rombongan yang berkunjung ke BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur terdiri dari 5 orang guru pendamping dan 16 orang siswa dari jurusan Akuntansi.

Rombongan SMK Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro diterima oleh Kepala Subauditorat Jawa Timur I M. Ali Asyhar dan Kepala Subbagian Humas Beny Kurniawan. Dalam sambutannya ketika menerima rombongan, Ali menyambut baik kunjungan industri yang dilakukan SMK Negeri 1 Sumberrejo ke BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Kunjungan ini sekaligus merupakan kesempatan bagi BPK untuk menumbuhkan public awareness kepada kalangan pendidikan mengenai peran BPK dalam mengawal terwujudnya pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan.

“Tentunya kami berharap kunjungan ini dapat membawa manfaat bagi para siswa, minimal dapat menumbuhkan komitmen untuk ikut mendorong pengelolaan keuangan negara yang baik,” kata Ali di hadapan para guru dan siswa.

pemateri

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, para siswa diajak untuk menonton film pendek seputar BPK dengan judul “Cerita Kami (Our Stories)” yang berkisah tentang dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Selain itu, rombongan kunjungan industri juga mendapat pemaparan dari Esti Apri Larasati mengenai organisasi dan tugas BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur serta BPK Pusat di Jakarta. Dalam pemaparan yang berlangsung interaktif tersebut, peserta kunjungan industri juga menyampaikan pertanyaan tentang peran BPK dalam pengelolaan dana pendidikan, kiat mengelola keuangan negara dengan benar, serta hubungan kerja antara BPK dengan aparat penegak hukum.

Pada kesempatan tersebut, Esti juga mendorong para siswa untuk bersemangat memperbaiki kebiasaan diri dalam usaha meraih cita-cita. “Kebiasaan diri yang baik akan sangat membantu dalam mencapai impian dalam bekerja. Jika tidak demikian, maka kita hanya akan menjadi orang yang biasa-biasa saja dan tidak memiliki nilai lebih,” pesan Esti.

Di akhir kunjungan, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur memberikan bingkisan kepada peserta kunjungan industri yang aktif bertanya dan menjawab doorprize dengan benar. Kemudian juga dilaksanakan pertukaran cinderamata antara BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dengan SMK Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan ramah tamah.

aktif

foto