Diklat Penulisan Laporan Pemeriksaan Kinerja

202

suasana diklat

Pemeriksa diharapkan mampu mengkomunikasikan hasil pemeriksaannya kepada pihak lain. Di antara bentuk komunikasi pemeriksaan tersebut adalah menuangkan hasil pemeriksaan ke dalam laporan hasil pemeriksaan. Salah satu jenis laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) adalah laporan hasil pemeriksaan kinerja.

Laporan hasil pemeriksaan kinerja akan memberikan keyakinan atas informasi yang dilaporkan mengenai hasil-hasil program atau kegiatan, demikian pula dalam hubungannya dengan sistem pengendalian intern dalam organisasi. Laporan hasil pemeriksaan kinerja tersebut juga dapat memberikan arah kepada perbaikan pengelolaan pemerintah, pengambilan keputusan dan pertanggungjawaban kepada publik. Sektor pemerintahan diharapkan secara terus menerus mengevaluasi diri serta melakukan perbaikan kinerja secara berkelanjutan agar bisa bekerja secara efektif, efisien dan ekonomis.

Sehubungan dengan meningkatnya porsi pemeriksaan kinerja dalam rencana kerja pemeriksaan BPK, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Diklat Penulisan Laporan Pemeriksaan Kinerja untuk meningkatkan kemampuan pemeriksa dalam menyusun laporan hasil pemeriksaan kinerja. Diklat ini diselenggarakan pada Senin s.d. Selasa, 29 s.d. 30 Agustus 2016 dan diikuti oleh 40 orang pemeriksa di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan diklat dibuka oleh Kepala Subauditorat Jawa Timur I M. Ali Asyhar, mewakili Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

pembukaan

Instruktur pada kegiatan diklat ini adalah Denny Wahyu Sendjaja (Kepala Seksi Litbang Pemeriksaan Kinerja I) dan Ariesta Tohir Wijaya (staf pada Seksi Litbang Pemeriksaan Kinerja II) dari Direktorat Penelitian dan Pengembangan РBPK Pusat. Selama dua hari diklat, peserta mendapatkan penjelasan tentang gambaran umum keseluruhan proses pemeriksaan kinerja, penyusunan konsep Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja, metode dan teknik perolehan tanggapan atas rekomendasi & simpulan, serta konsep dasar penyusunan & penyampaian LHP Kinerja.

Kegiatan diklat pada hari kedua ditutup oleh Kepala Subauditorat Jawa Timur II Imam Muslich. Secara umum, seluruh rangkaian kegiatan diklat yang bertempat di Ruang Auditorium – Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur ini berjalan dengan lancar.

penutupan

peserta1

peserta2