Indonesia Kerja Nyata: Bekerja Cermat dan Kreatif untuk Indonesia

184

hormat-bendera

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2016, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Upacara bendera diselenggarakan pada Rabu, 17 Agustus 2016 dan bertempat di halaman depan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Pada upacara bendera kali ini, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Novian Herodwijanto bertindak selaku inspektur upacara. Sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Supatman. Adapun tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2016 ini adalah “Indonesia Kerja Nyata“.

sambutannaskah

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh inspektur upacara, Ketua BPK Harry Azhar Azis mengajak seluruh pegawai BPK untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan pendahulu kita, dengan kerja nyata untuk mencapai tujuan negara yang dicita-citakan dalam Pembukaan UUD 1945. Untuk itu, BPK terus memperkuat pemeriksaan keuangannya untuk memberikan assurance terhadap akuntabilitas pelaksanaan keuangan negara.

Penguatan pemeriksaan keuangan dilakukan dengan peningkatan kualitas atas laporan keuangan pemerintah yang berbasis akrual. Untuk pemeriksaan kinerja, BPK berusaha meningkatkan kualitas perencanaan pemeriksaan kinerja dengan seselektif mungkin memilih program/area yang akan diprioritaskan untuk diperiksa serta meningkatkan kualitas sumber daya pemeriksa agar dapat mencapai kualitas pemeriksaan kinerja sesuai dengan yang diinginkan. Di bidang pemeriksaan investigatif, BPK telah memperoleh persetujuan Pemerintah untuk membentuk Auditorat Utama Investitasi. Dengan ini, diharapkan BPK dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam pemberantasan korupsi dan penanganan kerugian keuangan negara.

Selain hasil pemeriksaan, BPK juga terus meningkatkan kredibilitas dan peran aktif di tingkat internasional. Selain keaktifan di organisasi BPK sedunia (INTOSAI), Asia (ASOSAI) dan ASEANSAI, BPK juga terpilih menjadi external auditor International Atomic Energy Agency (IAEA). BPK juga telah mendapatkan Sertifikat Hak Cipta Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SiAP) dari Menteri Hukum dan HAM dan Sertifikasi Internasional Data Center BPK, dalam hal ini Tier Certification of Design Document TIER III dari Uptime Institute. Pengembangan teknologi informasi ini harus menjadi penggerak organisasi dan proses bisnis BPK ke depan untuk pencapaian visi BPK.

Dari sisi akuntabilitas keuangan BPK, laporan keuangan BPK memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-9 kalinya sejak tahun 2007. Demikian juga, Laporan Kinerja BPK memperoleh predikat A untuk tiga tahun berturut-turut 2013 s.d 2015 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Hal ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga BPK tidak saja dapat menilai instansi lain melalui pemeriksaannya, tetapi BPK menjadi role model dan leading by example.

Mengakhiri sambutannya, Ketua BPK berpesan agar seluruh pegawai BPK lebih cermat dalam memanfaatkan anggaran untuk pemeriksaan dan kegiatan yang lebih bermanfaat dan berkualitas. Dengan keterbatasan anggaran yang ada, BPK juga harus semakin kreatif untuk memanfaatkan teknologi informasi sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas program-program BPK.

suasana

peserta

satya

Selain sambutan dari Ketua BPK, dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 20 orang PNS di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur yang telah mengabdi kepada negara selama 10 dan 20 tahun. Upacara juga dimeriahkan oleh penampilan paduan suara dari pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur yang menyanyikan lagu-lagu perjuangan.