Rangkaian Media Visit Ketua & Anggota BPK RI di Surabaya

189

visit-tvriSidoarjo – 24 Mei 2010. Biro Humas dan Luar negeri bekerjasama dengan BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur melakukan serangkaian kegiatan media visit yang dilakukan selama bulan April – Mei 2010 ke sejumlah media massa cetak dan elektronik di Surabaya antara lain ke Harian Jawa Pos, Harian Surya, TVRI dan JTV. Kegiatan ini masih merupakan satu rangkaian kegiatan BPK Goes to Campus di Jawa Timur yang antara lain dilakukan di Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya dan Universitas Jember.  Tujuan kegiatan ini untuk mempererat hubungan kerja antara BPK dengan media massa,  memperkenalkan Pimpinan BPK Periode 2009-2014 dan menjelaskan peran, fungsi dan bidang tugasnya serta isu-isu terkait dengan pelaksanaan tugas BPK. Media massa saat ini bukan hanya sebagai sarana dalam menyampaikan pesan dan informasi kepada jutaan khalayak sekaligus, tetapi juga sebagai sarana untuk pendidikan, mempengaruhi dan menginformasikan serta membangun sebuah pemahaman publik  mengenai peran dan fungsi BPK dalam rangka mendorong terciptanya pemerintah yang bersih dan transparan.

 Rangkaian media visit ini dimulai dengan mengunjungi Harian Jawa Pos dan JTV pada hari Kamis, 8 April 2010 bertempat di Kantor Harian Jawa Pos di Gedung Graha Pena Jalan Ahmad Yani 88 Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh Ketua BPK RI Drs. Hadi Purnomo, A.k, Anggota I BPK RI, DR. Moermahadi Soerja Djanegara, Inspektur Utama BPK RI Nizam Burhanudin, Plt. Kepala Biro Humas dan Luar Negeri BPK RI, Gudono, dan segenap pejabat Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Timur. Dalam media visit ini, BPK RI diterima oleh Pemimpin Redaksi Harian Jawa Pos Leak Kustiya, Ketua Dewan Redaksi Harian Jawa Pos Moch. Elman, Kepala Koordinator Liputan Harian Jawa Pos Baehaqi dan Kepala Kompartemen M. Taufik serta Kurniawan Muhammad sedangkan dari pihak JTV, para pejabat BPK RI disambut oleh Sentot N dan Surya Aka. Dalam media visit ini para pejabat BPK RI berkesempatan melihat proses penerbitan berita dan berdialog dengan sejumlah wartawan Harian Jawa Pos dalam suasana terbuka, hangat, bersahabat dan tidak dikonsumsi untuk pemberitaan (off the record).

Media Visit kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Kantor Harian Surya di Jalan Rungkut Industri III No. 68-70 Surabaya pada Kamis, 29 April 2010. Kegiatan media visit di harian surya ini diikuti oleh oleh Wakil Ketua BPK Herman Widyananda  didampingi Kaditama Binbangkum, Hendar Ristriawan, Tenaga Ahli, Agus Salim dan Plt Biro Humas dan Luar Negeri, Gudono, Tenaga Ahli, Agus salim, Kepala perwakilan BPK RI Mahendro Sumardjo beserta Kepala Sekretariat dan  Kasub Aud Jatim I, III dan IV. Kedatangan Rombongan BPK disambut Redaktur Pelaksana, Alfred L, Redaksi Ekonomi Bisnis, Revi, Redaksi Kota, Redaksi Polkam Sigid Sugiharto, Redaksi Surya Online Satwiko Romekso.

Kegiatan media visit ini diakhiri dengan kunjungan ke Kantor TVRI di Jalan Mayjend Sungkono 124 Surabaya pada hari Jumat, 21 Mei 2010 yang diikuti oleh Anggota IV BPK RI, Ali Masykur Musa didampingi Inspektur Utama, Nizam Burhanuddin, Kepala Auditorat VI.A,A.M Endang Sukeksi, Kepala Perwakilan BPK RI Prov. Jawa Timur, Mahendro Sumardjo,dan  Kepala Sekretariat Perwakilan serta Para Kepala Sub Auditorat Jatim I, II,  dan IV. Rombongan BPK RI disambut oleh Kepala Stasiun TVRI Jawa Timur Tribowo Kriswinarso, Kepala Bidang Berita Khairul Andi Anom, Kepala Seksi Produksi Berita Arief Misgiyanto dan Kepala Redaktur Yanti.  Pada kunjungan ini, Anggota IV BPK RI berkesempatan melakukan dialog secara langsung dalam acara Berita Jawa Timur yang disiarkan pukul 17.00 WIB dengan tema BPK dan Keuangan Negara yang di pandu oleh Ika Subandi sebagai pembawa acara.(rd)