Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Timur

148

Sertijab 150410Sidoarjo РKamis, 15 April 2010, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan acara serah terima jabatan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Timur. Acara yang diselenggarakan di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Juanda Sidoarjo ini dihadiri oleh Wakil Ketua BPK RI, Anggota I BPK RI, Anggota V BPK RI, Tortama Keuangan Negara I, dan Tortama Keuangan Negara V. Tamu undangan yang hadir antara lain adalah para Kepala Daerah, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah dan Inspektorat 39 entitas di Jawa Timur serta unsur Muspida Provinsi.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua BPK RI, Herman Widyananda menyampaikan bahwa acara serah jabatan ini merupakan satu rangkaian dengan acara pelantikan dan pengambilan sumpah serta serah terima yang telah dilakukan secara simbolis pada tanggal 17 Maret 2010 antara pajabat lama Zindar Kar Marbun dan pejabat baru Mahendro Sumardjo. Rotasi jabatan, baik mutasi, promosi ataupun demosi merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi untuk mengisi jabatan struktural yang lama, menyegarkan suasana kerja dan peningkatan profesionalisme dan kinerja yang akhirnya berpengaruh pada peningkatan kinerja BPK secara keseluruhan. BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur merupakan kantor perwakilan yang mempunyai jumlah entitas pemeriksaan yang terbesar diantara perwakilan-perwakilan lainnya yaitu 39 entitas pemeriksaan. Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian yang ekstra bagi kepala perwakilan selaku pimpinan unit kerja dalam melakukan manajemen sumber daya manusia yang dimiliki.

Pada kesempatan ini, Wakil Ketua BPK RI menerangkan bahwa dengan adanya pergantian pimpinan unit kerja tentunya akan membawa perubahan warna bagi organisasi, pegawai dan pemimpin unit sendiri, proses adaptasi terhadap lingkungan dan pimpinan baru diharapkan tidak terlalu lama dan tidak mengganggu situasi kerja yang ada. Hal ini mengingat pada semester-semester awal ini konsentrasi kegiatan pemeriksaan terfokus pada pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang membutuhkan perhatian yang lebih dari seluruh komponen BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Wakil Ketua BPK Ri berharap BPK RI Perwakilan Jawa Timur dapat berperan aktif dalam mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang baik. Selain itu, dapat bekerja sama antar instansi vertical di daerah dan bersinergi dalam melaksanakan tugas-tugas pemeriksaan seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang.

Lebih lanjut, Wakil Ketua BPK RI mengharapkan melalui acara serah terima jabatan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Timur menjadi acara yang berkesan dan penuh makna, khususnya yang dialami pejabat lama yang tentunya banyak pengalaman berharga dimana telah terbangun sinergi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kabupaten dan kota dilingkungan Provinsi Jawa Timur. Kepada Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Timur yang baru, Wakil Ketua BPK RI mengucapkan selamat bertugas dan semoga keberhasilan yang telah dicapai oleh pejabat lama dapat dilanjutkan bahkan ditingkatkan. (ftn)