HUT BPK ke-69: Akuntabilitas untuk Indonesia yang Lebih Baik

426

upacara

BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan upacara bendera sebagai puncak peringatan HUT BPK ke-69. Upacara tersebut dilaksanakan pada Kamis, 21 Januari 2016. Seluruh pegawai mengikuti upacara yang bertempat di halaman kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur ini.

Inspektur upacara HUT BPK ke-69 adalah Kepala Subauditorat Jawa Timur II, M. Ali Asyhar. Sedangkan petugas upacara pada upacara tersebut adalah pejabat struktural dan fungsional di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Adapun yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Kepala Subbagian TU Kepala Perwakilan, Muhammad Hidayat.

petugas

peserta

Dalam sambutan yang dibacakan oleh inspektur upacara, Ketua BPK Harry Azhar Azis menyatakan bahwa perjalanan BPK selama 69 tahun sampai dengan saat ini telah menghasilkan berbagai capaian dan prestasi. Namun, BPK tidak boleh langsung berpuas diri atas capaian-capaian tersebut. Seperti dua sisi mata uang, tiap capaian pasti akan beriringan dengan tantangan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang.

Melihat rangkaian perjalanan panjang yang telah dilalui oleh BPK, patut disyukuri bahwa BPK terus maju dan bertambah kuat, baik dari sisi konstitusi, kelembagaan, maupun kewenangannya. Ke depannya, adalah tugas seluruh pelaksana BPK untuk terus meningkatkan penguatan kelembagaan BPK. Selain itu, BPK patut bersyukur dan bangga, karena hasil kerja keras BPK dalam penyelamatan keuangan negara mendapat tanggapan positif. Artinya kehadiran BPK memang dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan. Untuk itu, BPK harus mampu menunjukkan bahwa kinerjanya dalam usaha menyelamatkan keuangan negara terus meningkat dari tahun ke tahun.

Di samping capaian-capaian yang telah diraih di tahun-tahun sebelumnya, pada awal tahun 2016, BPK memiliki Rencana Strategis BPK tahun 2016-2020, dengan visi “Menjadi Pendorong Pengelolaan Keuangan Negara untuk Mencapai Tujuan Negara Melalui Pemeriksaan yang Berkualitas dan Bermanfaat”. Visi tersebut ditetapkan untuk meningkatkan kontribusi dan peran BPK sebagai lembaga negara untuk mencapai tujuan negara yang disebutkan dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945.

Mengakhiri sambutannya, Ketua BPK menghimbau dan menekankan kepada seluruh jajaran di BPK untuk selalu menjunjung tinggi independensi, integritas, dan profesionalisme.

aneka

Secara umum pelaksanaan upacara bendara dalam rangka HUT BPK ke-69 di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur berjalan dengan lancar. Pada upacara kali ini, para pegawai BPK untuk pertama kalinya mengenakan seragam BPK yang baru. Dengan seragam baru tersebut diharapkan pegawai BPK semakin terpacu untuk meningkatkan kinerjanya.

DSC_5404